Breaking News:

Cara Mengatasi Anosmia atau Hilangnya Penciuman Akibat Infeksi Virus Covid-19 Sesuai Anjuran Dokter

Cara mengatasi hilangnya indera penciuman atau Anosmia akibat adanya gangguan di dalam hidung sesuai anjuran dokter.

Editor: Adrianus Adhi
Surya.co.id
Ilustrasi anosmia 

SURYA.CO.ID - Cara mengatasi hilangnya indera penciuman atau Anosmia akibat adanya gangguan di dalam hidung sesuai anjuran dokter. Sekadar diketahui, hilangnya penciuman atau anosmia menjadi salah satu gejala seseorang terinfeksi Covid-19.

Dijelaskan oleh dr. Santi yang merupakan dokter di Medical Center Kompas Gramedia, dalam Youtube Sonora ID, Rabu (30/6/2021), Anosmia disebabkan Infeksi virus atau bakteri lainnya yang menyerang saluran pernapasan.

Anosmia juga bisa disebabkan oleh gangguan di dalam hidung yang disebabkan oleh tumor, alergi, atau paparan zat kimia lain yang berbahaya. 

Ia juga menjelaskan bahwa anosmia berbeda dengan kehilangan kemampuan penciuman yang terjadi akibat flu atau hidung tersumbat. Jika seseorang mengalami flu atau hidung tersumbat kemampuan penciuman masih ada meski tidak sekuat ketika tidak sedang flu.

"Pada anosmia itu (kemampuan penciuman) hilang sama sekali, jadi ditaruh apapun enggak ada baunya," ujarnya. 

Dokter Santi mengatakan bahwa anosmia yang terjadi pada pasien Covid-19 akan sembuh dalam 28 hari. Namun biasanya akan sembuh dalam waktu yang cepat.

"Rata-rata satu sampai 21 hari sudah beres," kata dia.

Pada kondisi ringan, dia menjelaskan bahwa anosmia tidak membutuhkan perawatan khusus dan indera penghidu pasien bisa kembali lagi seperti semula.

Karena anosmia terjadi bukan karena kerusakan saraf tetapi jaringan penunjang saraf. 

Tips Mengatasi Anosmia

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved