Breaking News:

Berita Surabaya

Kebut Target Vaksin 30 Ribu Dosis per Hari di Surabaya, Cak Eri Mengaku Terkendala Stok

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi: Mohon beri vaksin. Biar segera mencapai herd immunity

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Habibur Rohman
VAKSIN DRIVE THRU - Sampai waktu hampir habis, warga antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 drive thru pada hari terakhir di lapangan parkir Universitas Surabaya, Sabtu (24/7/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemkot Surabaya hingga saat ini masih menunggu penyaluran stok vaksin dari Pemerintah Pusat. Pemkot mengejar target 30 ribu dosis vaksin per hari.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menjelaskan, pihaknya saat ini terkendala stok vaksin untuk merealisasikan target tersebut. Saat ini, pemkot baru menerima tambahan 14 ribu dosis dari sekitar 1 juta dosis permintaan. Tambahan vaksin ini berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Kami baru saja melapor kepada Ibu Gubernur. Vaksin kami per Jumat (23/7/2021) sudah 0," kata Cak Eri, Sabtu (24/7/2021).

"Hari ini sudah ada kiriman 14.000 dosis. Sebenarnya, vaksin di Surabaya itu kan dibagi. Ada di instansi, pemprov dan beberapa lainnya," katanya.

Sekalipun ada tambahan, jumlah ini masih jauh dari cukup. Mengingat, kebutuhan vaksin di Surabaya mencapai 30 ribu dosis per hari.

"Pemkot ini kemampuan 30-50 ribu per hari. Kalau ngasih 14.000, setengah hari ya habis. Sehingga, mungkin hari-hari ini terlihat pemkot kok gak gencar vaksin, soalnya vaksinnya habis," katanya.

Upaya percepatan vaksinasi kepada asyarakat Surabaya dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya, dengan secara massal melalui kegiatan di satu acara, drive thru hingga dengan menggunakan puskesmas di masing-masing kecamatan.

Cak Eri mengungkapkan, masih ada 1,3 juta penduduk Surabaya yang belum vaksin.

"Mohon beri vaksin. Biar segera mencapai herd immunity," katanya.

Apabila stok vaksin terpenuhi, maka pihaknya menjamin seluruh warga Surabaya bisa divaksin dalam kurun waktu 1 bulan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved