Breaking News:

Berita Jember

Beli Produk Warga Sendiri untuk Lengkapi Bansos, Pemkab Jember Siapkan Anggaran Rp 83 Miliar

Paket bansos senilai Rp 250.000 per RTM itu, terdiri atas uang tunai Rp 100.000, dan sembako senilai Rp 150.000.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
surya/sri wahyunik
Bupati Jember, Hendy Siswanto. 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Pemkab Jember mengalokasikan anggaran untuk bantuan sosial (bansos) sebesar Rp 83 miliar. Bantuan sosial tersebut bagi warga terdampak pandemi Covid-19.

Anggaran bansos itu berasal dari pos Belanja Tidak Terduga (BTT) tahun anggaran 2021. Dan alokasi tersebut harus segera direalisasikan untuk warga terdampak.

Belanja bantuan sosial itu direncanakan diberikan kepada 100.000 rumah tangga sasaran (RTM). Bupati Jember, Hendy Siswanto menargetkan, seluruh bansos tersebut terdistribusikan semua sampai pertengahan Agustus 2021.

Paket bansos senilai Rp 250.000 per RTM itu, terdiri atas uang tunai Rp 100.000, dan sembako senilai Rp 150.000.

Bupati Hendy menginstruksikan untuk membuat pokja (kelompok kerja) yang akan fokus pada pekerjaan tersebut. Ketua Pokja adalah kepala Dinas Sosial, dan sekretarisnya adalah kepala Dinas Kesehatan. “Realisasi bansos ini harus segera dilakukan, dan tentunya harus sesuai aturan," ujar Hendy, Jumat (23/7/2021).

Hendy menambahkan, belanja bansos itu jika bisa dilakukan secara langsung tanpa tender. Ia menginginkan untuk isi sembako bansos tersebut belanjanya langsung kepada masyarakat.

"Saya menginginkan berasnya itu diborong langsung dari padi masyarakat Jember, sekarang kan musim panen padi. Lalu untuk lainnya seperti mie instan , sarden kalengan, kecap itu beli langsung ke toko-toko kelontong, toko kecil secara merata. Dengan sistem ini maka perputaran ekonomi bisa berjalan di masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini,” lanjutnya.

Namun untuk pertanggungjawabannya, Hendy masih akan berkonsultasi dengan pihak terkait mengenai sistem belanja langsung ke masyarakat tersebut. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved