Breaking News:

Berita Nganjuk

Pertajam Validitas Data Kasus Covid-19, Pemkab Nganjuk Siap Lakukan Skrinning Terpusat

Yang tak kalah penting adalah dari skrinning itu bisa didapatkan data yang valid, apakah pasien itu positif Covid-19 atau tidak.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Deddy Humana
surya/ahmad amru muiz
Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi bersama Forkopimda Kabupaten Nganjuk meninjau salah satu ruang di Gedung Juang 45 Kota Nganjuk yang disiapkan sebagai tempat skrining penanganan Covid-19. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Tindakan screening atau skrinning kondisi kesehatan warga, bisa menjadi cara memastikan apakah ada paparan Covid-19 atau tidak. Untuk kepentingan itulah, Pemkab Nganjuk menyiapkan Gedung Juang 45 sebagai pusat skrinning penanganan Covid-19.

Hal itu sebagai salah satu upaya menekan pertambahan kasus penyebaran Covid-19 di Nganjuk yang terus terjadi hingga sekarang ini.

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, pemusatan skrining tersebut sebagai antisipasi awal yang dilakukan petugas kepada pasien, apakah terindikasi kena Covid-19 atau tidak.

Dari skrining tersebut, nantinya baru ditentukan langkah selanjutnya dalam penanganan pasien terkonfirmasi positif.  "Dari pusat skrining tersebut akan diambil keputusan apakah pasien harus segera dirujuk ke rumah sakit khusus rujukan Covid-19, atau diperiksa secara umum sesuai keluhannya," kata Marhaen, Kamis (22/7/2021).

Ditegaskan Marhaen, agar skrining terpusat tersebut sesuai maka Pemkab Nganjuk terlebih dahulu akan memastikan petugas medis yang bekerja sudah kompeten sesuai pedoman protokol penanganan Covid-19 yang telah diterbitkan Kementerian Kesehatan.

Yang tak kalah penting adalah dari skrinning itu bisa didapatkan data yang valid, apakah pasien itu positif Covid-19 atau tidak.

"Itu kami lakukan agar lewat prosedur dari skrining, itu hasil (data) yang didapatkan cukup valid. Dengan demikian pemberian keterangan terharap warga yang terpapar Covid-19 bisa diketahui lebih jelas," urai Marhaen.

Dengan adanya skrining terpusat penanganan Covid-19 tersebut, ungkap Marhaen, pihaknya berharap angka penyebaran Covid-19 di Nganjuk bisa ditekan dan penanganan warga terpapar Covid-19 juga lebih maksimal.

"Karena bagaimanapun, pandemi ini telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat jadi harus dilakukan penanganan sebaik mungkin," ucap Marhaen.

Sementara hingga hari ini jumlah kasus positif Corona di Kabupaten Nganjuk berdasar data Satgas Penanganan Covid-19 telah mencapai 8.330. Ini setelah terjadi penambahan kasus positif baru sebanyak 268 kasus.

Dan untuk jumlah kesembuhan bertambah 250 sehingga total kesembuhan dari Covid-19 hingga hari ini di Nganjuk mencapai 5.751 kasus.

Sedangkan warga positif yang meninggal bertambah 2 orang, sehingga jumlah total meninggal akibat mencapai 486 orang. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved