Breaking News:

Berita Blitar

Masih Banyak Masyarakat Beraktivitas di Luar Rumah, Jadi Penyebab Blitar Masuk PPKM Level 4

pihaknya sudah menggencarkan imbauan dan sosialisasi terkait penerapan prokes ke masyarakat selama pelaksanaan PPKM Darurat.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Deddy Humana
surya/samsul hadi
Wali Kota Blitar, Santoso didampingi Wakil Wali Kota Blitar, Tjutjuk Sunario. 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Wali Kota Blitar, Santoso meminta masyarakat lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran Covid-19 di masa perpanjangan PPKM sampai 25 Juli 2021.

Sebab, menurut Santoso, dari hasil evaluasi pelaksanaan PPKM darurat pada 3-20 Juli 2021, masih ada masyarakat yang tidak disiplin menerapkan prokes.

Sesuai Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021, Kota Blitar masuk daerah yang melaksanakan PPKM Level 4 di masa perpanjangan PPKM.  Pembatasan kegiatan masyarakat pada daerah yang melaksanakan PPKM Level 4 hampir sama dengan PPKM darurat.

Santoso mengatakan pihaknya sudah menggencarkan imbauan dan sosialisasi terkait penerapan prokes ke masyarakat selama pelaksanaan PPKM Darurat.  Tetapi, masih ditemukan masyarakat tidak pakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Sudah dilakukan imbauan dan sosialisasi tetapi masih ada masyarakat tidak pakai masker. Maka kembali lagi pada kesadaran dan tingkat disiplin masyarakat dalam menerapkan prokes," kata Santoso usai rapat evaluasi pelaksanaan PPKM darurat, Kamis (22/7/2021).

Dikatakan Santoso, jika masyarakat disiplin menerapkan prokes, maka jumlah kasus penyebaran Covid-19 di Kota Blitar bisa ditekan. Kalau jumlah kasus bisa ditekan, kemungkinan pemerintah akan melonggarkan sejumlah kegiatan masyarakat.

"Misalnya, kalau biasanya pedagang tutup pukul 19.00 WIB, bisa lebih panjang sampai pukul 21.00 WIB," ujarnya.

Tetapi, kata Santoso, pelonggaran kegiatan masyarakat baru bisa dilakukan setelah melihat hasil evaluasi pelaksanaan perpanjangan PPKM Level 4. "Kami masih menunggu hasil perpanjangan PPKM Level 4," katanya. ***

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved