Breaking News:

HAJI 2021

Cerita Haji 2021, Dari Kerikil Steril hingga Sterilisasi Masjid 10 Kali, Sementara Nihil Covid

Tahun 2021 ini merupakan yang kedua kalinya, ibadah haji digelar terbatas dengan protokol pencegahan covid-19 secara ketat.

Penulis: Suyanto | Editor: Suyanto
STR / AFP
Jamaah berpakaian ihram sedang tawaf mengelilingi Kabah. Haji tahun 2021 digelar terbatas dengan kuota 60.000 jemaah khusus warga Arab Saudi dan ekspatriat. 

SURYA.co.id I MINA - Prosesi ibadah haji telah usai. Hingga Kamis (22/7/2021) belum ada laporan adanya jemaah haji yang terpapar covid-19. Namun demikian, sesuai protokol, jemaah haji tetap harus menjalani karantina. Selanjutnya mereka diperbolehkan pulang, setelah masa karantina berakhir dan hasil pemeriksaan dinyatakan negatif covid-19.

Tahun 2021 ini merupakan yang kedua kalinya, ibadah haji digelar terbatas dengan protokol pencegahan covid-19 secara ketat.

Berikut Fakta-faktanya:

1. Kuota 60.000 orang warga Arab dan Ekspatriat.

Total kuota yang disediakan pemerintah Arab Saudi musim haji 2021 ini adalah 60.000 orang. Itupun disediakan khusus untuk warga Arab Saudi dan ekpatriat yang tinggal di sana. Mereka dipilih secara ketat dari total 500.000 lebih pendaftar. Seleksi meliuti usia, kondisi kesehatan, riwayat penyakit, dll.

Baca juga: Update Haji 2021, Lihat Video Cara Ganti Kiswah Kabah, Malam Ini Jemaah Menuju Muzdalifa

2. Karantina sebelum dan sesudah haji

Jemaah wajib mengikuti karantina sebelum musim haji tiba. Begitupun setelah prosesi haji selesai, jemaah tidak boleh langsung pulang. Mereka harus menjalani karantina dan mengikuti pemeriksaan. Jika hasil pemeriksaan akhir negatif, mereka boleh pulang. Sebaliknya jika hasilnya positif, mereka harus melanjutkan karantina khsus.

3. Kerikil lempar jumrah disterilkan

Berbeda dengan haji normal, pada musim haji kali ini, kerikil untuk kepentingan lempar jumrah sudah disediakan panitia. Bukan mencari sendiri di Muzdalifah.

Kerikil yang disediakan panitia itu merupakan kerikil khusus, yang sudah disterilkan. Kerikil dibagikan dalam kantong tertutup kepada masing-masing jemaah.

Baca juga: HAJI 2021: Kuota Dibatasi 60.000, Diperebutkan 500.000 Pendaftar, Ada 327 WNI Sudah Lolos Seleksi

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved