Breaking News:

Berita Ponorogo

Alat Donor Plasma Konvalesen Mahal, Bupati Ponorogo Ajukan Bantuan ke Mensos dan Pemprov Jatim

Sugiri juga telah meminta bantuan ke sejumlah pihak agar bisa mendapatkan hibah alat donor plasma konvalesen.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Deddy Humana
SURYA.CO.ID/Ahmad Zaimul Haq
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy saat meninjau secara langsung donor plasma konvalesen di PMI Kota Surabaya. 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Pembelian alat untuk donor plasma konvalesen akan segera dilakukan Pemkab Ponorogo untuk meningkatkan kesembuhan pasien Covid-19. Hanya, mahalnya harga alat donor itu membuat pemkab berpikir ulang karena harus mengukur kekuatan keuangan daerah.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko pun mengaku akan melihat terlebih dahulu kekuatan APBD Ponorogo. Karena harga alat donor plasma konvalesen tidaklah murah, yaitu lebih dari Rp 1 miliar.

Sugiri juga telah meminta bantuan ke sejumlah pihak agar bisa mendapatkan hibah alat donor plasma konvalesen.

Salah satunya kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini. "Saya sudah minta ke bu Mensos mudah-mudahan direspon dengan baik. Tetapi kapan realisasinya belum berani tanya, meski sudah direspon," kata Sugiri, Kamis (22/7/2021).

Selain kepada Risma, Bupati Sugiri juga mengajukan permintaan ke Pemprov Jawa Timur. Sugiri telah menghubungi Plh Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono terkait kebutuhan alat donor plasma konvalesen tersebut.

"Mudah-mudahan keduanya direspon baik dan ada solusi. Sekdaprov dan Bu Menteri sudah (saya) telepon, speknya juga sudah saya kirim," pungkasnya.

Sejauh ini jumlah kumulatif pasien yang telah sembuh dari Covid-19 di Ponorogo memang sudah banyak, yaitu mencapai 4.701 orang per 21 Juli 2021.

Karena belum mempunyai alat donor plasma konvalesen, Satgas Penanganan Covid-19 Ponorogo masih sebatas mendata terlebih dahulu calon pendonor.

Setelah itu Satgas Covid-19 Ponorogo berencana akan berkoordinasi dengan rumah sakit di luar kota yang mempunyai alat donor plasma konvalesen untuk mengambil mengambil plasma konvalesen dari para penyintas Covid-19. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved