Breaking News:

Berita Madiun

Jago Memasak Kepala, Perempuan Madiun Ini Kebanjiran Order saat Idul Adha

Untuk kepala kambing ia menarif biaya Rp 100.000 per kepala. Sedangkan biaya pengolahan satu kepala sapi Rp 150.000.

Penulis: Rahadian Bagus | Editor: Deddy Humana
surya/rahardian bagus p
Lilis, Desa Sangen, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, membakar kepala kambing sebelum dimasak. 

SURYA.CO.ID, MADIUN - Banyak penjual hewan kurban merugi saat momen Idul Adha 1442 Hijriyah ini. Tetapi di saat krisis, selalu ada yang tetap mendapat berkah, seperti yang didapatkan Lilis Setyaningsih berkat kepiawaiannya mengolah masakan dari kepala kambing kurban.

Warga yang Desa Sangen, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun ini memang sedang kebanjiran pesanan memasak kepala kambing dan kepala hewan kurban.

Konon kepala kambing dan kepala sapi merupakan bagian daging yang paling lezat. Namun tidak mudah untuk mengolah kepala kambing dan kepala sapi.

Ditemui di rumahnya, Rabu (21/7/2021), Lilis tampak sedang membakar kepala kambing dan kepala sapi. Sebelum dimasak, kepala kambing dan sapi memang harus dibakar untuk menghilangkan bulu.

Setelah dibakar, kepala yang sudah bersih dari bulu kemudian dicuci hingga bersih, lalu direbus. Baru kemudian, kepala itu dapat diolah berbagai jenis masakan.

Perempuan yang sehari-hari berjualan sate kambing itu menuturkan, Idul Adha memang mendatangkan rejeki. Sebab banyak warga yang datang membawa kepala kambing dan sapi untuk diolah.

“Cuma saat Idul Adha saja. Kan banyak orang yang dapat kepala hewan kurban, tetapi mereka tidak bisa mengolahnya. Jadi mereka bawa ke sini untuk saya masak,” kata Lilis.

Dalam sehari, Lilis biasa mengolah 10 kepala kambing dan kepala sapi. Beberapa olahan yang disediakan yakni rica-rica, tongseng, gulai, dan berbagai olahan lainnya.

Untuk kepala kambing ia menarif biaya Rp 100.000 per kepala. Sedangkan biaya pengolahan satu kepala sapi Rp 150.000. “Mereka bisa memilih olahan sesuai selera, mau dibikin (rasa) apa terserah pembeli,” ujarnya.

Lilis menambahkan, untuk mengolah kepala kambing dan kepala sapi, dibutuhkan waktu dua hari. Dan ia mengaku sudah tiga tahun menjalani pekerjaan musiman ini.

Dan ia bersyukur karena bisa mendapatkan tambahan penghasilan di tengah pandemi Covid-19. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved