Breaking News:

Berita Kediri

Relawan Lintas Komunitas di Kota Kediri Bersinergi Evakuasi Pasien Terpapar Covid-19

Aksi para relawan lintas organisasi dan komunitas tersebut sebagai wujud kepedulian menyusul melonjaknya angka positif Covid-19 di Kota Kediri

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Didik Mashudi
Relawan di Kota Kediri mengevakuasi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya untuk di bawa ke rumah sakit. 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Puluhan orang relawan dari Wali Barokah, Sedekah Rombongan, IEA, BMH, Brigade Penolong, Wanasaka Bhakti dan PMI bersinergi dalam penanganan pandemi Covid-19.

Aksi para relawan lintas organisasi dan komunitas tersebut diterjunkan sebagai wujud kepedulian, menyusul melonjaknya angka positif Covid-19 di Kota Kediri.

Indun Munawaroh, Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri menjelaskan, kegiatan yang dilakukan relawan menyikapi semakin banyaknya kasus terkonfirmasi positif yang minta rujukan ke rumah sakit dan banyaknya pasien Covid-19 yang meninggal di Kota Kediri.

Diungkapkan Indun Munawaroh, tingginya kasus membuat petugas puskesmas dan RS (Rumah Sakit) kewalahan dalam menyikapi permintaan pasien Covid-19.

Sementara BPBD Kota Kediri diminta sebagai support system dalam menjemput pasien yang akan dirujuk ke RS Kilisuci maupun ke RSUD Gambiran.

BPBD juga diminta dalam menjemput jenazah dari rumah duka ke tempat pemulasaraan RSUD Gambiran.

“Dalam proses penjemputan pasien rujukan maupun jenazah, kami tetap mewajibkan memakai APD lengkap, mulai dari baju hazmat, masker, safety google, handscoon dan sepatu boot” terang Indun, Selasa (20/7/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan tetap dilakukan sampai tim dari Dinas Kesehatan Kota Kediri dapat melakukan aktivitas secara normal.

Indun menerangkan, relawan sangat membantu, karena penanggulangan bencana merupakan tanggungjawab bersama bukan hanya urusan pemerintah.

Dalam penanggulangan bencana terdapat istilah sinergitas pentahelix, yang terdiri dari Pemerintah Daerah, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved