Breaking News:

Berita Kediri

Percayakan RPH untuk Tangani Hewan Kurban, Warga Kediri Ikut Mencegah Meluaskan Covid-19

Masih kata Tutik, bahwa nantinya daging sapi kurban milik mas Dhito akan dibagikan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri Covid-19

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Deddy Humana
surya/farid mukarrom
Sapi sumbangan dari Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana yang akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha, Senin (19/7/2021). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Ancaman penularan Covid-19 saat proses penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha, Selasa (20/7/2021), sepertinya terus disuarakan. Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana pun mengajak masyarakat untuk berkurban melalui rumah potong hewan (RPH) guna hindari resiko penularan Covid-19.

Ajakan ini kemudian dicontohkan langsung Mas Dhito - sapaan akrabnya - yang berencana akan menyembelih hewan kurban sapi di RPH.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri, dr Tutik Purwaningsih mengatakan bahwa Bupati Kediri akan menyembelih 2 ekor sapi di RPH Pare.

"Insya Allah Mas Bup akan menyembelih di RPH Pare. Beliau mencontohkan kepada kita semua untuk menyembelih melalui RPH," ujar Tutik, Senin (19/7/2021).

Masih kata Tutik, bahwa nantinya daging sapi kurban milik mas Dhito akan dibagikan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri Covid-19. "Daging itu akan dibagikan di Desa Turus Gampengrejo, di mana ada 52 KK yang besok akan mendapat paket kurban dari Mas Bup," jelasnya.

Tutik menyampaikan bahwa Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan menyediakan sejumlah RPH yang digunakan untuk menyembelih hewan kurban. "Kami besok berencana juga akan menggunakan RPH Pare sebagai tempat penyembelihan. Meski biasa menyembelih hewan tetapi akan berbeda suasananya kalau yang kita sembelih hewan kurban" imbuhnya.

Menurut Tutik, RPH Pare memiliki sejumlah fasilitas dan peralatan yang cukup lengkap dan higienis. "Dari sisi personel, peralatan dan sarana prasarana, kita sangat siap," ungkapnya.

Sementara hingga saat ini sudah ada 18 ekor Sapi yang terdaftar akan ditangani di RPH Pare. "Hingga sore ada 18 ekor di RPH Pare dan 6 Ekor di RPH Wates" jelasnya.

Tutik juga mengimbau agar masyarakat berkenan untuk menyembelih hewan kurban di RPH yang sudah disediakan oleh Pemkab Kediri. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko penularan Covid-19 sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan pemda. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved