Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Bantuan Tertahan Beacukai, Singapura Tak Kapok, Kirim Bantuan Lagi, 500 Ton Oksigen

Di tengah kebutuhan oksigen yang terus meningkat untuk pasien covid-19, pemerintah Singapura mengirim bantuan tabung oksigen yang sedang langka

Editor: Suyanto
surya.co.id/m taufik
ILUSTRASI - Stok tabung di salah satu distributor di Sidoarjo. 

SURYA.co.id I JAKARTA - Di tengah kebutuhan oksigen yang terus meningkat untuk pasien covid-19, pemerintah Singapura mengirim bantuan tabung oksigen yang sedang langka.

Sayang bantuan tabung untuk oksigen yang sudah datang di Bandara Adi Soemarmo tersebut tertahan beacukai. Tabung-tabung itu belum bisa diterimakan ke pemkot Solo karena terbentur regulasi Indonesia tentang hibah.

Kabar tertahannya tabung oksigen itu menjadi perhatian sekaligus ironi di tengah kelangkaann tabung oksigen yang menjadi kebutuhann vital untuk penyelamatan pasien covid.

Tapi rupanya kasus itu tak membuat Singapura patah semangat. Buktinya, Singapura tetap mengirim bantuan untuk penangan pandemi covid-19.
Bantuan kali ini berupa pengiriman pasokan oksigen. Berdasarkan rilis di situs Kementerian Luar Negeri Singapura, pemerintah Singapura akan mengirim bantuan dalam rogram yang dinamai "Oxygen Shuttle".

Lewat program ini, nantinya akan ada 500 ton oksigen yang dikirimkan ke Indonesia hingga Agustus 2021 mendatang.

Ada 4 tank ISO berisi 80 ton cairan oksigen yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta hari ini, Senin 19 Juli 2021. Pengiriman selanjutnya dijadwalkan dilakukan minggu depan.

IRONI Tabung Oksigen Langka, Datang Bantuan Singapura, Tap Tertahan Beacukai, Siapa Biangnya?

Program "Oxygen Shuttle" merupakan tambahan bantuan dari pemerintah Singapura kepada Indonesia dalam bentuk silinder oksigen, konsentrator oksigen, ventilator, serta peralatan medis lainnya, yang dikirim dalam batch sebelumnya pada 9 dan 11 Juli kemarin.

Program ini dikoordinasikan oleh Kementerian Luar Negeri, dengan dukungan dari Kementerian Pertahanan, serta Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan dan Bantuan Bencana Daerah Changi.

Upaya ini, serta kontribusi yang diselenggarakan oleh lembaga non-pemerintah dan swasta, membuktikan hubungan erat, solidaritas, dan dukungan timbal balik yang kuat antara Singapura dan Indonesia dalam mengatasi tantangan COVID-19.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bantu Indonesia secara Rutin, Singapura akan Kirim 500 Ton Oksigen hingga Agustus 202

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved