Janji Eks Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa Setelah Otsus Papua Jilid 2 Disahkan

Inilah janji mantan Danjen Kopassus, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa setelah Otonomi Khusus (Otsus) bagi Provinsi Papua jilid 2 disahkan.

Tribun Bali/Aloisius H Manggol
Mantan Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa. Simak janjinya Setelah Otsus Jilid 2 Disahkan 

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta | Editor: Adrianus Adhi

SURYA.co.id - Inilah janji mantan Danjen Kopassus, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa setelah Otonomi Khusus (Otsus) bagi Provinsi Papua jilid 2 disahkan.

Perwira tinggi yang kini menjabat Pangdam XVIII/Kasuari itu berjanji akan mendukung kebijakan Otsus tersebut dan siap mengamankan Papua Barat.

Hal ini diungkapkan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa saat mengikuti acara Press Conference terkait Otonomi Khusus (Otsus) bagi Provinsi Papua, di Aston Niu Hotel Manokwari, Papua Barat, Kamis (15/07/2021).

Melansir dari laman kasuari18-tniad.mil.id, acara tersebut dilaksanakan sehubungan dengan penutupan rapat Paripurna DPR RI Masa Sidang V Tahun 2021.

Salah satu agendanya penetapan RUU Perubahan Kedua atas Undang-undang Otonomi Khusus nomor 21 Tahun 2001, tentang Otonomi Khusus bagi Bagi Provinsi Papua.

Baca juga: Gerak Cepat Mantan Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa Atasi Pandemi Covid-19 di Papua

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan menyampaikan bahwa DPR RI telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) perubahan kedua atas UU Otsus Papua.

Ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah dan DPR RI atas disahkannya RUU perubahan kedua UU Otsus, sehingga momentum pembangunan di Provinsi Papua Barat pada khususnya dan wilayah Papua Barat umumnya bisa tetap berjalan berkelanjutan dan berkomitmen untuk terus ditingkatkan.

Secara terpisah Pangdam mengatakan bahwa pihaknya menghormati sepenuhnya sikap DPR RI dan Pemerintah yang memiliki keinginan untuk memperkuat pemberdayaan Orang Asli Papua (OAP).

“Kodam XVIII/Kasuari mengajak seluruh masyarakat Papua Barat untuk mengucap syukur dengan telah ditetapkannya Otsus Jilid 2, semoga seluruh masyarakat Papua Barat menjadi sejahtera, amin,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, dengan disahkannya RUU perubahan kedua Otsus tersebut Kodam XVIII/Kasuari sebagai salah satu institusi TNI di Papua Barat akan mendukung secara penuh dan memberi jaminan keamanan di Papua Barat.

“Kami mendukung jalannya kebijakan Otsus tersebut di Papua Barat dan akan siap menjaga keamanan di seluruh wilayah Papua Barat,” tegasnya.

Lebih lanjut Gubernur juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Papua Barat dan Papua untuk menyambut baik UU perubahan kedua atas UU Otsus ini dan tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang terus menyebarkan penolakan terhadap upaya-upaya baik yang dilakukan Pemerintah

“Mari kita jadikan momentum ini sebagai titik awal untuk melakukan perbaikan di segala bidang dalam rangka percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua utamanya orang asli Papua,” ujarnya.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved