Breaking News:
Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Resmikan Depo Isi Ulang Oksigen Gratis di Surabaya, Bisa Diakses 24 Jam

Layanan isi ulang tabung oksigen gratis di halaman Dinas Perhubungan Provinsi Jatim resmi dibuka hari Sabtu (16/7/2021) ini.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meresmikan depo isi ulang oksigen gratis di halaman Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Sabtu (16/7/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Layanan isi ulang tabung oksigen gratis di halaman Dinas Perhubungan Provinsi Jatim resmi dibuka hari Sabtu (16/7/2021) ini. Layanan refill oksigen tersebut diberikan bagi masyarakat Jatim yang tengah menjalani isolasi mandiri (Isoman) Covid-19 ataupun ambulans yang kehabisan oksigen.

Gubernur Jawa Timurm Khofifah Indar Parawansa secara khusus melakukan peresmian depo isi ulang oksigen gratis tersebut. Secara simbolis ia juga melakukan isi ulang oksigen dan menyerahkan tabung yang sudah full ke masyarakat yang mengajukan.

Di hari pertama, antusiasme warga Jatim yang isoman untuk mendapatkan oksigen gratis terbilang besar. Saat peresmian, sudah ada sekitar 25 orang yang memanfaatkan layanan.

Salah satunya adalah Marta, warga Kecamatan Pabean Cantikan Surabaya. Ia memanfaatkan layanan oksigen gratis untuk ibunya yang isoman sudah 10 hari. Menurutnya layanan ini sangat membantu dan meringankan masyarakat.

"Alhamdulillah layanan ini sangat bermanfaat. Saya setiap hari bisa isi dua sampai tiga tabung untuk mama saya. Biasanya kalau di luar baru buka jam 10 pagi dan itupun antre," kata Marta.

Biaya isi ulang tabung untuk ukuran 1,5 meter kubik biasanya dihargai Rp 50 ribu. Namun biasanya ia mengisi tabung tiga kali sehari atau menghabiskan sekitar Rp 150 ribu. Untuk itu ia berterima kasih pada Pemprov Jatim yang telah membuka layanan depo isi ulang tabung oksigen gratis.

"Terima kasih Ibu Gubernur, dengan begini kami pun ikut tenang. Karena stok pasti ada dan sewaktu-waktu bisa mengisi ulang," tegasnya.

Gubernur Khofifah menyampaikan, bahwa saat ini yang beroperasi memang di Dishub Jatim. Namun besok akan diresmikan untuk depo isi ulang oksigen di Samsat Sidoarjo dan lusa akan diresmikan untuk depa isi ulang oksigen di Samsat Gresik.

"Kami bagikan gratis untuk masyarakat yang sedang isoman serta ambulans yang butuh isi ulang oksigen. Kalau untuk RS sudah ada sistemnya sendiri. Kami menyiapkan aplikasi, kami menyiapkan call center, maka silakan bawa tabung oksigen kosongnya dan bisa mendaftar, layanan ini 24 jam," tegas Khofifah.

Per depo, setiap harinya distok sebanyak 500 meter kubik oksigen. Setiap orang boleh mengisi sampai dua kali.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved