Breaking News:

Berita Surabaya

Bantu Warga yang Isoman, UMSurabaya Perkuat Puskesmas yang Buka 24 Jam

Universitas Muhammadiyah Surabaya yang telah menjalankan bantuan untuk warga Surabaya yang isolasi mandiri kini mulai menambah fokus bantuan

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sulvi Sofiana
Universitas Muhammadiyah Surabaya saat mengirim paket bantuan kepada nakes di puskesmas yang bersiaga 24 jam, Jumat (16/7/2021). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Kebijakan 24 jam pelayanan puskesmas di Kota Surabaya menjadi pekerjaan tambahan bagi tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas untuk menangani pasien Covid-19.

Melihat kondisi tersebut, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMsurabaya) yang telah menjalankan bantuan untuk warga Surabaya yang isolasi mandiri (Isoman) kini mulai menambah fokus bantuan kepada nakes dan perkuat puskesmas yang buka 24 Jam.

Mundakir, wakil rektor bidang kerjasama, internasionalisasi dan Al-Islam Kemuhammadiyahan mengungkapkan, bantuan ini guna merespon kondisi krisis akan meningkatnya beban tenaga kesehatan seiring dengan meningkatnya pasien Covid-19.

"Saat ini kondisinya sedang krisis, harapannya cuma pada solidaritas yang kuat antar semua elemen. Untuk nakes di puskesmas, kami memberikan bantuan berupa alat pelindung diri berupa hazmat, masker hingga vitamin," ujarnya, Jumat (16/7/2021).

Di hari pertama pengiriman bantuan pada nakes ini, setidaknya 10 puskesmas akan dikirimi bantuan.

Tak hanya pada nakes di puskesmas, tetapi juga pemberian paket sehat khusus nakes yang saat ini sedang isoman.

Hal ini sebagai kontribusi UMSurabaya agar Indonesia bisa segera sehat kembali, serta Indonesia lekas membaik dan kekebalan masyarakat (herd immunity) dapat segera terwujud

Salman Al-Farisi kordinator program menjelaskan, secara detail syarat nakes untuk mendapatkan paket sehat isoman yaitu dengan menunjukan bukti kartu pegawai/KTA organisasi, bukti swab antigen/PCR yang positif dengan tetap memegang prinsip kerahasiaan data pribadi. Kami akan melakukan pemberian paket sehat bagi nakes dan puskesmas terkait.

Program bantuan paket sehat isolasi kali ini didukung oleh Yamaha Jatim.

Selain donasi uang tunai, salah satu merek kendaraan terkenal di Indonesia ini juga meminjamkan beberapa kendaraan untuk mengantar paket ke seluruh wilayah di Surabaya.

Secara teknis penyaluran paket sehat isoman bagi nakes dan puskesmas yang dilakukan secara seremonial. Perwakilan UMSurabaya dan Yamaha akan memberangkatkan pengantar paket sebagai penanda dimulainya pembagian paket.

Sementara itu, Dokter Fungsional Puskesmas Mulyorejo, dr Sri Lestari mengungkapkan, sejak dibukanya layanan 24 jam, antusias masyarakat cukup besar.

Bahkan, tiga hari pertama jumlah warga yang menghubungi puskesmas cukup tinggi. Meskipun tidak semua laporan merupakan kegawatdaruratan Covid-19.

"Bantuan berupa APD pastinya akan sangat kami butuhkan, karena kami terbagi tiga shift untuk berjaga selama 24 jam," ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved