Breaking News:

Berita Pasuruan

Pastikan Kesehatan dan Keamanan Hewan Kurban, DPKP Kab Pasuruan Lakukan Pemeriksaan Hal-hal Berikut

DKPK melakukan pemeriksaan terkait kondisi kesehatan ternak, usia, dan hal lain di sejumlah tempat penjualan hewan kurban, Kamis (15/7/2021).

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Parmin
surya.co.id/galih lintartika
Petugas Dinas Peternakana dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pasuruan sedang memeriksa kondisi ternak di salah tempa penjualan herwan kurban, Kamis (15/7/2021). 

SURYA.co.id | PASURUAN - Guna memastikan kesehatan dan keamanan hewan kurban sebelum dan sesudah dipotong, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pasuruan melakukan pengawasan dan pemeriksaan.

DKPK melakukan pemeriksaan terkait kondisi kesehatan ternak, usia, dan hal lain di sejumlah tempat penjualan hewan kurban, Kamis (15/7/2021).

Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, Diana Lukita Rahayu mengatakan, pengawasan, pendataan dan pemeriksaan hewan kurban penting untuk dilakukan. 

Utamanya untuk memberikan jaminan keamanan dan kesehatan hewan qurban yang dijual bebas di pinggir jalan maupun di tempat penjualan lainnya.

"Penting sekali untuk memberikan jaminan keamanan dan kesehatan hewan qurban yang dijual.

Jangan sampai ada penyakit ternak Kita awasi dan periksa ," kata Diana saat ditemui di kantornya, Kamis (15/07/2021).

Dijelaskannya, sasaran pengawasan, pemeriksaan, dan pendataan hewan kurban dilakukan di kandang, lapak, atau tempat penjualan hewan kurban yang ada di pasar hewan hingga pinggir jalan raya.

Menurutnya, pemeriksaan hewan kurban sebelum disembelih meliputi pengecekan kesehatan, kondisi ternak, usia ternak dan persyaratan lain terkait kesesuaian untuk dijadikan hewan kurban.

Diana menegaskan, dalam pengawasan hingga pemeriksaan hewan qurban, total ada 125 petugas yang menyebar di 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

"Saya berharap agar dapat memahami pentingnya mitigasi resiko pelaksanaan kegiatan dan pemotongan hewan kurban. Khususnya agar menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dalam aturan," sambungnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved