Breaking News:

Lifestyle

Degan Disebut Salah Satu Alternatif untuk Pasien Covid dengan Gejala Demam-Diare, ini Penjelasannya

Rizal hanya menyarankan pasien COVID-19 dengan gejala demam dan diare, bisa mengonsumsi degan sebagai pengganti cairan tubuh.

Penulis: Akira Tandika | Editor: Parmin
SURYA.CO.ID/Fikri Firmansyah
Pedagang kelapa muda hijau di kawasan Menur, Kota Surabaya saat melayani pembeli, Kamis (8/7/2021). Kelapa muda (degan) disebut sebagai salah satu alternatif pasien covid-19 dengan gejala demam dan diare. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Selain minyak kayu putih, degan menjadi primadona selama pandemi.

Belakangan, masyarakat menyakini bahwa kelapa muda itu  dapat membantu menyembuhkan COVID-19.

Hal ini membuat permintaan degan meningkat. Bahkan beberapa penjual menaikkan harga jual degan dari biasanya, saking susahnya dicari.

Terkait hal tersebut Nutritionist Registered Mochammad Rizal S Gz menjelaskan tidak benar bila degan dianggap sebagai buah yang mampu menyembuhkan COVID-19.

"Karena sampai sekarang, belum ada bukti ilmiah yang mengatakan ada obat, makanan, dan minuman tertentu yang mampu menyembuhkan COVID-19," terangnya saat dihubungi, Selasa (13/7/2021).

Namun, Rizal mengatakan bahwa degan hanya dapat membantu proses pemulihan COVID-19.

"Degan kaya akan cairan yang mengandung elektrolit seperti, kalsium, kalium, magnesium, natrium, dan fosfor," tandasnya.

Elektrolit dalam degan berperan untuk membantu mencegah dehidrasi pada orang yang sedang sakit, misalnya, demam atau suhu tubuh tinggi dan diare.

Rizal hanya menyarankan pasien COVID-19 dengan gejala demam dan diare, bisa mengonsumsi degan sebagai pengganti cairan tubuh.

"Apabila covid-19 disertai gejala-gejala ini maka konsumsi degan bisa menjadi salah satu alternatif untuk mencegah dehidrasi," paparnya.

Selain itu, rutin mengonsumsi degan dapat membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved