Breaking News:

Regional

UPDATE NIA RAMADHANI Artis atau Bukan Penyalahguna Narkoba Harus Diperlakukan Khusus UU Narkotika

Hakim wajib menggunakan kewenangan yang diberikan UU berdasarkan pasal 103. Terbukti salah atau tidak, hakim wajib menjatuhkan hukuman rehabilitasi.

Penulis: Anas Miftakhudin | Editor: Anas Miftakhudin
UPDATE NIA RAMADHANI Artis atau Bukan Penyalahguna Narkoba Harus Diperlakukan Khusus UU Narkotika
surya/sudharma adi
Kepala BNN Komjen Pol Anang Iskandar saat menjelaskan penangkapan pegawai Rutan Medaeng, Kamis (23/5/2013).

Oleh: Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar
Mantan Kepala BNN

SURYA.CO.ID I SURABAYA - Artis Nia Ramadhani dan suaminya, Ardi Bakrie serta sopirnya adalah pelaku oenyalahguna kejahatan penyalahguna yang ditangkap penyidik. Konsekwensinya harus diproses sampai ke pengadilan dan mendapatkan hukuman atas pelanggaran hukum yang dilakukan.

Berbeda jika Nia Ramadhani dan suami swrta sopirnya sebelum ditangkap memenuhi kewajiban hukum melakukan wajib lapor ke IPWL untuk mendapatkan penyembuhan dan pemulihan.

"Penyalahguna (siapa saja) yang bersedia melakukan wajib lapor ke IPWL diberi kompensasi oleh UU Narkotika berupa status baru sebagai pelaku kejahatan yang tidak dituntut pidana (pasal 128) selama proses rehabilitasi sampai sembuh dan pulih serta dapat melakukan reintegrasi sosial kembali," ujar mantan Kepala BNN, Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar, Selasa (13/7/2021).

UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika mengatur tentang lingkup penyalahguna secara jelas sebagai berikut:

1. Korban penyalahgunaan narkotika adalah orang yang secara tidak sengaja dibujuk, dirayu, ditipu dan dipedaya bahkan ada yang dipaksa menggunakan narkotika pada awal menggunakan narkotika.

Kenapa disebut korban penyalahgunaan narkotika, karena pada saat itulah terjadi intoksifikasi racun kecanduan ke dalam tubuh korbannya berupa ketergantungan narkotika.

Karena racunnya bersifat stimulan, maka yang diracuni tidak merasa jadi korban. Justru merasa senang selanjutnya berkarier sebagai penyalahguna.

Meskipun sebagai korban penyalahgunaan narkotika UU kalau ketangkap, mewajibkan untuk menjalani rehabilitasi (pasal 54).

2. Penyalahguna adalah orang yang (sengaja) membeli narkotika untuk dikonsumsi karena tuntutan sakit ketergantungan dan gangguan mental yang dideritanya agar tidak tersiksa secara fisik dan psykis.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved