Breaking News:

Khasiat Biji Kelor, Turunkan Gula Darah hingga Bikin Kulit Cantik, Ini Cara Meracik dan Konsumsinya

Hampir setiap bagian dari pohon kelor bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari bunganya, daun kelor, hingga bijinya.

Penulis: Suyanto | Editor: Suyanto
Foto Istimewa
KELOR - Sejumlah ibu rumah tangga anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Putri Kencana saat memetik daun kelor di lingkungan Prajuritkulon, Kota Mojokerto. 

SURYA.co.id I Banyak tanaman di Indonesia yang punya khasiat kesehatan tinggi, namun belum banyak dimanfaatkan masyarakat. Salah satunya adalah biji kelor.

Hampir setiap bagian dari pohon kelor bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari bunganya, daun kelor, hingga bijinya.

Berbagai manfaat kesehatan dari biji kelor itu seperti ditulis Risky Candra Swari berjudul "4 Manfaat Biji Kelor yang Menakjubkan untuk Kesehatan Tubuh", di laman Hellosehat.com.

Manfaat biji kelor untuk kesehatan

Pohon kelor yang punya nama latin Moringa oleifera diperkaya dengan kandungan nutrisi seperti kalsium, zat besi, vitamin, dan asam amino esensial yang juga ditemukan pada quinoa dan daging hewani.

Selain itu, biji kelor juga kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan, dan agen antiperadangan. Berikut adalah manfaat biji kelor yang sayang untuk dilewatkan.

1. Menurunkan tekanan darah
Tensi darah tinggi yang tidak terkendali dapat berujung pada masalah jantung serius, seperti stroke dan serangan jantung. Menurunkan tekanan darah adalah salah satu manfaat biji kelor yang paling dikenal. Anda bisa merebus biji kelor dan minum airnya secara rutin.

2. Membuat tidur lebih nyenyak dan meningkatkan energi
Untuk Anda yang sulit tidur nyenyak, tak ada salahnya untuk minum air rebusan biji kelor 1 jam sebelum waktunya Anda tidur. Selain bisa membantu Anda tidur nyenyak, rebusan kelor ini bisa membuat tubuh lebih berenergi keesokan paginya.

Pasalnya, segenggam biji kelor mengandung tiga kali lipat kadar zat besi dari daun bayam. Ini jugalah yang membuat manfaat biji kelor baik untuk orang-orang yang memiliki anemia defisiensi besi.

Tubuh membutuhkan asupan cukup zat besi untuk memproduksi dan membawa sel darah merah beroksigen ke otot, organ, dan jaringan tubuh lainnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved