Breaking News:

Berita Sampang

Pingsan Setelah Divaksin, Dua Warga Binaan Rutan Sampang Sampai Harus Dirawat di RS

Syaiful menambahkan, sementara sampai saat ini warga binaan Rutan Klas II B Sampang sudah mendapatkan vaksinasi sebanyak dua tahap.

Editor: Deddy Humana
surya/hanggara pratama
Rutan Klas II B Sampang, Jalan KH. Wahid Hasyim Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura. 

SURYA.CO.ID, SAMPANG - Dampak samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) setelah vaksinasi Covid-19 terjadi di Sampang. Dua orang warga binaan atau napi Rutan Klas IIB Sampang malah jatuh pingsan usai mendapatkan vaksinasi, bahkan harus dilarikan ke rumah sakit (RS).

Dampak vaksinasi itu dialami kedua warga binaan beberapa hari lalu.Informasinya, keduanya pingsan, lalu dilarikan ke RSUD dr Mohammad Zyn dan Puskesmas Kamuning Sampang.

Tetapi setelah mendapatkan perawatan medis di dua tempat terpisah tersebut, saat ini keduanya membaik dan menjalankan aktivitas seperti biasanya di rutan setempat.

Kepala Rutan Sampang, Gatot Tri Raharjo melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Syaiful Rahman mengatakan, saat dilakukan vaksinasi keduanya sudah melalui skrinning berupa pemeriksaan suhu badan, tensi darah, hingga ditanyakan riwayat penyakitnya.

Namun keduanya pingsan sebab itu diperkirakan sebagai salah satu efek samping yang sering terjadi karena vaksin membuat sistem kekebalan tubuh memberikan respons lebih untuk melawan penyakit atau penyebab infeksi di kemudian hari.

"Alhamdulillah, kedua warga binaan sudah pulih dan sehat kembali," ujar Syaiful, Minggu (11/7/2021).

Syaiful menambahkan, sementara sampai saat ini warga binaan Rutan Klas II B Sampang sudah mendapatkan vaksinasi sebanyak dua tahap. Dari total 369 orang warga binaan, sebanyak 218 orang sudah melakukan proses vaksinasi Covid-19.

Adapun 22 orang ditunda karena sakit, serta 129 sisanya belum mendapatkan vaksinasi. "Saat vaksinasi dilakukan sempat ada yang ditolak karena kondisinya tidak memenuhi syarat, tekanan darahnya tinggi," terangnya.

Untuk diketahui, program vaksinasi digelar oleh Kodim 0828 Sampang yang sebelumnya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Sampang.

Sementara salah satu Perwira Pertama yang juga Komandan Unit Kodim 0828 Sampang, Letda M Marlan menyampaikan, jika pusingnya dua warga binaan rutan itu merupakan reaksi dari vaksin itu sendiri.

Yang jelas, sebelum melaksanakan vaksinasi, pihaknya melakukan tahapan sosialisasi terlebih dahulu bahkan skrinningg erhadap sasaran.

"Upaya vaksinasi yang dilakukan, sebagai tindak lanjut pencegahan penyebaran Covid-19, di Rutan Kelas IIB Sampang dan meminimalir terjadinya potensi terpaparnya warga binaan," pungkasnya. HANGGARA PRATAMA

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved