Breaking News:

Aturan Baru dari BI, Limit ATM Dinaikkan, Jadi Rp 20 Juta, Berlaku 12 Juli - 30 Sepetember

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryanto mengatakan, penyesuaian penarikan dana ini berlaku pada penarikan di mesin ATM yang menggunakan chip.

Editor: Suyanto
surya.co.id/willy abraham
Ilustrasi - Mesin ATM Bank BNI di kawasan GKB Gresik. BI menaikkan limit penarikan tunai di ATM untuk semua bank, dari Rp 1 juta menjadi Rp 20 juta per hari. 

SURYA.co.id I JAKARTA - Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Bank Indonesia (BI) membuat keputusan baru, yaitu menaikkan limit nilai penarikan uang tunai di ATM dari Rp 15 juta menjadi Rp 20 juta/hari.

Baca juga: Nasabah Bank Jatim Diimbau Ganti Kartu ATM dengan Kartu ATM Chip Pling Lambat 31 Juli 2021

Baca juga: PPKM DARURAT Jalanan Sepi, Waspadai Penjahat Manfaatkan Situasi, Mesin ATM Jadi Sasaran

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryanto mengatakan, penyesuaian penarikan dana secara tunai ini berlaku pada penarikan di mesin ATM yang menggunakan teknologi chip.

"( Limit Rp 20 juta ini) Berlaku untuk pengambilan tunai melalui ATM yang kartunya sudah menggunakan chip. Berlaku untuk semua bank," ujar Erwin saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/7/2021).

Menurut dia, kebijakan ini diberlakukan hanya sementara di tengah pandemi corona. "Hanya sementara, sehingga bukan merupakan pergeseran dari dorongan BI ke arah transaksi non-tunai," lanjut dia.

Rincian penyesuaian batas penarikan tunai tersebut

1. Menaikkan batas maksimal nilai nominal dana untuk penarikan tunai melalui mesin ATM dari Rp 15 juta menjadi Rp 20 juta tiap rekening dalam 1 hari untuk kartu ATM yang menggunakan tekonologi cip.

2. Mempertahankan batas paling banyak (maksimal) nilai nominal dana untuk penarikan tunai melalui mesin ATM sebesar Rp 10 juta tiap rekening dalam 1 hari untuk kartu ATM yang menggunakan teknologi magnetic stripe.

3. Kenaikan batas maksimal nominal dana untuk penarikan tunai menggunakan kartu ATM dengan teknologi chip pada penjelasan di atas hanya berlaku untuk mesin ATM dengan teknologi chip.

BI telah mengimbau bank untuk mempublikasikan kepada masyarakat daftar lokasi ATM yang dapat melakukan penarikan tunai dengan limit baru. Lantaran disebut berlaku sementara, Erwin menjelaskan, kebijakan ini mulai berlaku pada 12 Juli 2021 sampai 30 September 2021.

Erwin mengatakan, penyesuaian sementara batas maksimal nilai nominal dana untuk penarikan tunai melalui mesin ATM hanya dibatasi untuk kartu ATM berteknologi cip guna memitigasi risiko keamanan.

"Untuk memitigasi risiko keamanan, khususnya skimming yang rentan terjadi pada kartu ATM yang menggunakan teknologi magnetic stripe," kata Erwin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai 12 Juli, BI Tetapkan Batas Maksimal Penarikan Uang Rp 20 Juta di Semua Bank

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved