Breaking News:

Berita Tuban

Surat dari Dirjen PHU Sudah Turun, Pendaftaran Haji di Kabupaten Tuban Tutup Selama PPKM Darurat

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban menutup pelayanan pendaftaran haji.

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/M Sudarsono
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid. 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban menutup pelayanan pendaftaran haji.

Hal itu dilakukan setelah menerima surat edaran Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag RI nomor 05001/DJ.11/Dt.11.11/HK.00.7/07/2021, tentang Pelayanan Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler pada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota di Wilayah Jawa-Bali pada Masa PPKM Darurat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan, penutupan ini berlaku selama PPKM Darurat mulai 3- 20 Juli 2021 mendatang.

Sehingga, pihaknya menutup layanan pendaftaran haji demi mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Surat edaran dari Dirjen PHU kami terima kemarin, kami terapkan untuk menutup layanan pendaftaran haji," ujarnya kepada wartawan, Jumat (9/7/2021).

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Tuban, Umi Kulsum menyatakan, Senin (5/7/2021) hingga Rabu (7/7/2021) masih menerima pendaftaran haji secara terbatas, yaitu maksimal lima orang per hari dengan waktu pukul 08.00–12.00 WIB.

Hal itu berdasarkan aturan pendaftaran haji pada tahun lalu, yang juga sudah pandemi Covid-19.

Namun, setelah muncul SE Dirjen PHU ini terkait PPKM darurat, maka pelayanan pendaftaran haji ditutup sampai 20 Juli 2021.

Hal itu seiring dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), yang menu pendaftarannya juga sudah ditutup.

"Layanan pendaftaran haji kami tutup, namun masih melayani pembatalan biaya perjalanan ibadah haji (BIPIH) yang sifatnya mendesak dan berkonsultasi tentang haji melalui nomor 0813-3153-2130," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved