Berita Jember

Komunitas Jurnalis Warga Jember Belajar soal Kesehatan Ibu dan Bayi bersama Wartawan Surya

Gerakan Peduli Perempuan (GPP) mendampingi sejumlah warga di Jember membentuk Komunitas Jurnalis Warga Jember.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Parmin
surya.co.id/sri wahyunik
Pelatihan jurnalis Warga Jember secara daring, Kamis (8/7/2021).  

Surya.co.id, Jember - Gerakan Peduli Perempuan (GPP) mendampingi sejumlah warga di Jember membentuk Komunitas Jurnalis Warga Jember.

Komunitas tersebut bertujuan mengembangkan literasi di kalangan perempuan.

Komunitas Jurnalis Warga Jember (KJWJ) itu sudah terbentuk pada Maret 2021. Ada sejumlah kegiatan yang digelar seperti pelatihan jurnalisme warga, pelatihan gender, liputan kolaborasi, juga mentoring jurnalis warga.

"Tujuan jurnalis warga, yang isinya mayoritas perempuan ini, ingin mengembangkan literasi bagi perempuan," ujar Sri Sulistiyani dari KJW Jember kepada Surya.co.id, Kamis (8/7/2021).

Kamis (8/7/2021), kegiatan yang digelar adalah mentoring jurnalis warga dengan narasumber.

Kegiatan mentoring itu menghadirkan wartawan Harian Surya/Tribun Network untuk wilayah Jember sebagai pemantik diskusi. Kegiatan itu digelar secara daring. 

"Hari ini tema mentoringnya adalah jurnalisme warga sebagai advokasi kesehatan ibu dan bayi baru lahir. Karena kawan-kawan jurnalis warga akan menulis tentang kesehatan ibu dan bayi baru lahir ini," imbuh Sulis.

GPP dan KJW Jember mengangkat tema tersebut karena masih tingginya angka stunting, angka kematian ibu (AKI), dan angka kematian bayi (AKB) yang masih tinggi di Jawa Timur.

"Karena AKI dan AKB di Jember masih nomor satu jumlah terbanyak di Jawa Timur. Jadi perlu gerak bersama. Dan perempuan bisa jadi aktor advokasi," tegas Sulis.

Kegiatan tersebut merupakan kerja bareng antara GPP Jember, Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN), Internews, dan Usaid.

Dalam mentoring jurnalis warga tentang peliputan kesehatan ibu dan bayi baru lahir itu, peserta mentoring banyak bertanya dan berdiskusi.

Jurnalis warga tersebut tertarik mengangkat sejumlah isu kesehatan ibu dan bayi baru lahir, seperti kasus kasus stunting, keberhasilan program menyusui, program pengentasan stunting, juga pejuang ASI.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved