Breaking News:

Kadin Jatim

Kadin Jatim Fasilitasi Vaksinasi 421 UMKM di Surabaya Raya

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur membantu percepatan vaksinasi di dengan menggelar program vaksinasi massal untuk UMKM.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
Foto:kadin jatim
Suasana vaksinasi massal untuk UMKM difasilitasi Kadin Jatim, Rabu (7/7/2021). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur membantu percepatan vaksinasi di dengan menggelar program vaksinasi massal untuk UMKM di Golden City Mall Surabaya, Rabu (7/7/2021).

Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto mengungkapkan vaksinasi adalah salah satu upaya untuk meminimalisir penularan dan membentengi masyarakat dari virus Covid 19 yang kini merajalela.

Terlebih yang menyerang saat ini adalah varian baru, diantaranya varian Delta dan Kappa yang tingkat penularan dan kasus kematiannya lebih tinggi.

"Ini adalah upaya kami membantu pemerintah untuk menyukseskan percepatan vaksinasi yang ditargetkan mencapai satu juta vaksin per hari di bulan ini," kata Adik.

Saat ini, penambahan pasien baru Covid-19 secara nasional sangat tinggi, mencapai sekitar 25 ribu per hari dan positive rate Indonesia juga sudah mencapai 44,37 persen. Bahkan Bed Occupancy Rate (BOR) Rumah Sakit Jawa Timur hampir 100 persen.

"Di wilayah Surabaya saja, ada sekitar 14 Rumah Sakit yang tutup akibat pasiennya sudah membeludak. Ini harus menjadi perhatian bersama karena kondisinya sudah sangat darurat," tegasnya.

Pada kesempatan sama, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Gugus Covid-19 Kadin Jatim, Fitrajaya Purnama mengungkapkan vaksinasi UMKM ini bagian dari program vaksinasi pemerintah, bukan bagian dari vaksinasi gotong royong.

"Dalam pelaksanaannya, Kadin Jatim berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Jawa Timur dan Rumah Sakit PHC dalam menyediakan fasilitasi pelayanan kesehatan. Kadin Jatim juga menanggung pengorganisasian dan konsumsinya. Sementara vaksin tetap dari pemerintah," ungkap Fitra.

Ke 421 UMKM tersebut adalah UMKM yang berada di wilayah Surabaya, Gresik dan Sidoarjo yang terdaftar sebagai anggota Kadin Jatim.

"Sebenarnya jumlah ini masih sangat kecil karena UMKM yang menjadi anggota Kadin Di Surabaya saja mencapai sekitar 10 ribu UMKM. Belum daerah lain," ujar Fitra.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved