Breaking News:

Berita Tuban

Angka Pernikahan Usia Dini di Kabupaten Tuban Tinggi, Nyaris Sentuh Angka Seribu

Artinya, semua catin baik laki-laki maupun catin perempuan sama-sama harus berusia minimal 19 tahun.

Penulis: M. Sudarsono | Editor: Titis Jati Permata
pixabay
Ilustrasi 

SURYA.CO.ID, TUBAN - Angka pernikahan anak di Kabupaten Tuban tergolong tinggi berdasarkan data dari Kementerian Agama (Kemenag) setempat.

Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Tuban, Mashari, berharap segera ada tindak lanjut dengan dibentuk tim dari dinas terkait yang di SK kan oleh Bupati, guna mengantisipasi pencegahan pernikahan dini.

"Harapannya kita lebih bisa bersinergi, di mana pernikahan usia dini di kabupaten Tuban memang cukup tinggi," katanya, Jumat (2/7/2021).

Menurut pria asal Lamongan tersebut, pernikahan anak usia dini (di bawah 18 tahun) di kabupaten Tuban pada tahun 2019-2020 ada sekitar 808 anak.

Rinciannya laki-laki 101 anak dan perempuan 707 anak.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Bantuan Ribuan Hand Sanitizer untuk Kabupaten Bangkalan

Dalam undang-undang perkawinan no 1 tahun 1974 yang telah direvisi dengan Undang-undang no 16 tahun 2019, usia nikah dari calon pengantin (catin) perempuan 16 tahun dan catin laki laki-laki 19 tahun menjadi sama semua.

Artinya, semua catin baik laki-laki maupun catin perempuan sama-sama harus berusia minimal 19 tahun.

"Kemenag sudah melakukan Sosialisasi kepada jajaran di bawahnya, Mulai dari Kasi, Kepala KUA, Pengawas, Kepala Satker dan Penyuluh, yang selalu dibekali terkait SE Gubernur tersebut untuk disampaikan langsung di lingkup binaan Kementerian Agama," pungkasnya.

BACA BERITA TUBAN LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved