Breaking News:

Tahukah Anda, Stres Bisa Picu Bau Badan Mirip Bawang Putih, Kenali Juga 3 Penyebab Lainnya

Bau badan tidak sedap umumnya dikaitkan dengan asupan makanan atau minuman. Tapi tahukah anda ternyata keadaan psikologis, s

Penulis: Suyanto | Editor: Suyanto
foto:istimewa
Foto: ilustrasi stres. 

SURYA.co.id I Bau badan tidak sedap umumnya dikaitkan dengan asupan makanan atau minuman. Tapi tahukah anda ternyata keadaan psikologis, stres dan kecemasan juga bisa memicu bau badan tidak sedap, bahkan mirip bau bawang putih.

Dilansir halosehat.com, lewat artikel "Kenali 4 Penyebab Bau Badan Mirip Bawang Putih", bau tak sedap disebabkan oleh interaksi antara keringat serta minyak yang terproduksi oleh tubuh dengan sulfur atau bakteri.

Jika pernah dengar tentang bau badan yang mirip aroma bawang putih, atau bahkan mengalaminya sendiri, maka berikut ini adalah beberapa faktor atau makanan penyebab bau badan yang aromanya mirip dengan bawang putih tersebut.

1. Gangguan Cemas atau Stres Emosional

Stres secara emosional atau mudah mengalami kecemasan berlebih dapat menyebabkan bau badan menjadi kurang sedap.

Hal ini disebabkan oleh keringat berminyak yang dilepaskan oleh kelenjar apokrin di dalam tubuh.

Kelenjar apokrin sendiri adalah kelenjar keringat yang terletak pada selangkangan, ketiak, dan kulit kepala (bagian-bagian tubuh dengan folikel rambut).

Kelenjar apokrin menghasilkan keringat mengandung minyak sehingga menjadi lebih pekat dibandingkan dengan keringat yang dihasilkan oleh kelenjar keringat lainnya.

Dan ketika seseorang mengalami stres maupun kecemasan, bakteri penghasil sulfur yang bertahan hidup pada zat berlemak akan memicu timbulnya aroma mirip bawang putih.

Oleh sebab itu, keringat dari tubuh akan berbau seperti bawang putih.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved