Breaking News:

Berita Kediri

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Kota Kediri, Satgas Giatkan Tracing Rapid Tes Antigen

Satgas Penanganan Covid-19 Covid-19 Kota Kediri melakukan tracing yang menyasar pada anak-anak hingga orang dewasa.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Didik Mashudi
Petugas melakukan tracing dengan rapid tes antigen pada salah satu klaster penyebaran Covid-19 di Kota Kediri. 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 Covid-19 Kota Kediri melakukan tracing yang menyasar pada anak-anak hingga orang dewasa.

Tracing rapid antigen dilakukan petugas secara menyeluruh hingga tes sampel pada kluster tertentu.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri, dr Fauzan Adima menyampaikan, saat ini akumulasi kasus Covid-19 pada usia 0-11 tahun mulai Maret 2020 hingga 30 Juni 2021 mencapai 45 orang.

“Selebihnya terjadi pada usia 35-55 tahun,” jelas Fauzan, Jumat (2/7/2021).

Sementara, salah satu kegiatan tracing menyeluruh diadakan di Kelurahan Kampung Dalem dengan tes rapid antigen pada 45 sasaran, meliputi jamaah musala dan murid TPA. Sekitar 20 anak usia 7-15 tahun mengikuti tes rapid antigen tersebut.

Hal ini menindaklanjuti dari hasil reaktif rapid antigen pada satu keluarga di Kelurahan Kampung Dalem.

Ditinjau dari riwayat kontak, kepala keluarga berprofesi menjadi guru dan takmir musala dan istrinya guru ngaji di lingkungannya.

Ika Ardiyanto, Lurah Kampung Dalem menjelaskan, sesuai Keputusan Wali Kota Kediri tentang Perpanjangan PPKM Mikro, jika ternyata ada 5 rumah bahkan lebih yang hasilnya reaktif, mikro lockdown akan dilakukan.

Sementara, Surveilan dan Koordinator Gugus Tugas Covid-19 Puskesmas Kota Utara, Rudi Dwi Hartanto menyampaikan, tracing rapid antigen ini sudah memasuki hari ke 6 dari kasus Kelurahan Kemasan.

“Mulai hari Jumat (25/6/2021) hingga hari ini, kami sudah melakukan rapid antigen lebih dari 400 sasaran. Dan sesuai arahan Wali Kota Kediri, tracing ini tidak akan berhenti," jelasnya.

Petugas akan mengejar terus penyebarannya sampai sejauh mana. Ada beberapa kasus identik dengan satu keluarga positif, termasuk anak-anak.

Selain Kelurahan Kampung Dalem, tracing juga dilakukan di lokasi yang sama dengan sasaran warga Kelurahan Ringinanom 10 orang dan warga Kelurahan Setonopande dengan sasaran 6 orang.

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menegaskan, saat ini penyebaran Covid-19 lebih cepat dari sebelumnya.

“Hal ini patut jadi kewaspadaan bersama, maka diadakan tracing segera termasuk pada anak-anak,” jelasnya.

Wali kota menitikberatkan pengawasan orang tua pada anak-anak harus ditingkatkan. Terutama pada saat musim liburan, anak-anak diharapkan mengurangi porsi bermain di luar dan tetap di rumah saja.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved