Berita Surabaya

Cara Daftar Masuk ITS Kelas Internasional dan Sarjana Terapan

ITS buka pendaftaran gelombang III Program Kelas Internasional dan Seleksi Mandiri Program Sarjana Terapan

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Fatkhul Alami
Instagram @its_campus
Ilustrasi - ITS membuka pendaftaran gelombang III untuk Program Kelas Internasional atau International Undergraduate Program (IUP) dan Seleksi Mandiri Program Sarjana Terapan 

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Fatkhul Alami

SURYA.co.id | SURABAYA - Setelah penutupan jalur Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestari (SKMP), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka pendaftaran gelombang III untuk Program Kelas Internasional atau International Undergraduate Program (IUP) dan Seleksi Mandiri Program Sarjana Terapan.

Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Admisi ITS, Dr Eng Unggul Wasiwitono ST MEng Sc menjelaskan ITS membuka program kelas internasional tersebut untuk 17 program studi (prodi) ditambah tiga prodi yang membuka program joint degree.

Sehingga calon pendaftar memiliki banyak pilihan untuk melanjutkan pendidikan di program ini.

Setiap tahun, setidaknya terdapat peningkatan sekitar 50 persen pendaftar untuk program ini.

“Pada dua gelombang sebelumnya di tahun 2021 ini, program studi yang paling banyak diminati untuk program IUP adalah Manajemen Bisnis, Teknik Informatika, dan Teknik Industri,” terangnya, Kamis (1/7/2021)

Adapun untuk program studi lainnya yang ditawarkan pada IUP ini antara lain adalah Statistika, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geomatika, dan Teknik Geofisika.

Selain itu, terbuka juga untuk Teknik Perkapalan, Teknik Kelautan, Teknik Elektro, Sistem Informasi, serta Manajemen Bisnis.

Dosen Departemen Teknik Mesin ITS tersebut mengungkapkan, berkuliah di kelas IUP ITS memberikan akses pada para mahasiswanya untuk dapat memilih salah satu dari beberapa pilihan international exposure.

“Antara lain adalah studi ekskursi, magang di perusahaan internasional atau multinasional, pertukaran mahasiswa, summer course, serta beberapa program studi membuka pilihan joint degree yang memungkinkan mahasiswanya untuk mendapatkan gelar ganda dari kedua institusi,” jelasnya.

Pada program joint degree, di awal semester pengajar berasal dari ITS dan dosen kampus mitra yang bahkan datang langsung ke ITS saat sebelum masa pandemi.

Selain itu, untuk keseluruhan Kelas Internasional, akan mengundang dosen dari kampus mitra untuk memberikan kuliah tamu.

“Bagi dosen internal ITS, diadakan peningkatan kualifikasi untuk bisa mengajar di kelas internasional dengan adanya program English for Medium Instruction (EMI) yang bekerja sama dengan British Council dan American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF),” terang Unggul.

Program IUP ini akan membuka pendaftaran gelombang III pada tanggal 1 - 8 Juli 2021, kemudian dilanjutkan dengan sesi online interview pada 13 Juli 2021.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved