Breaking News:

AWS Agresif Perluas Layanan Digitalisasi Pendidikan 

Perusahaan infrastruktur cloud computing atau komputasi awan Amazon Web Services (AWS) agresif menawarkan layanannya.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Parmin
Foto:aws
capture suasana diskusi panel virtual  

SURYA.co.id | SURABAYA - Perusahaan infrastruktur cloud computing atau komputasi awan Amazon Web Services (AWS) agresif menawarkan layanannya dalam mendukung kebutuhan teknologi di tengah digitalisi pendidikan akibat pandemi global Covid 19.

Kebutuhan institusi seperti perusahaan teknologi pendidikan (EdTech) dan universitas dalam menggunakan cloud untuk mentransformasi pendidikan terus mengalami peningkatan.

Hal ini sesuai dengan AWS yang memiliki program pendidikan tanpa biaya seperti AWS Educate dan AWS Activate guna menyempurnakan kurikulum di institusi tersebut.

Salah satu pengguna program AWS adalah platform pendidikan Sekolah.Mu yang berdiri tahun 2019.

Rhezandra Priatama, Chief Technology Officer (CTO), Sekolah.Mu mengatakan, pihaknya menyediakan berbagai program pembelajaran terakreditasi dari anak usia dini hingga sekolah menengah, guru dan pengembangan profesional lainnya.

"Untuk menskalakan dan melayani pengguna, kami mulai menggunakan AWS pada November 2019.

Memanfaatkan AWS Fargate sebagai lapisan orkestrasi untuk memberikan solusi ketersediaan dan skalabilitas yang tinggi," kata Rhezandra, saat diskusi panel tentang Cloud Sebagai Solusi Menjawab Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan Indonesian, Selasa (29/6/2021).

Melayani lebih dari 2,5 juta pengguna dengan hanya enam anggota tim, Rhezandra mengaku, pihaknya bisa membantu meningkatkan, tidak hanya pendidikan tetapi juga akses pendidikan dengan juga menjangkau daerah pedesaan dari Sabang sampai Merauke.

"Platform ini mencapai rekor 12 juta tampilan halaman dalam sehari pada tahun 2020 yang dikelola oleh tim yang terdiri dari enam orang dengan satu orang berfokus pada pengelolaan arsitektur AWS dan lima anggota tim pada pengembangan backend," jelas Rhezandra.

Mereka juga meningkatkan kecepatan pengiriman produk dan mengurangi waktu pemasaran hingga 50 persen dengan memanfaatkan teknologi inovatif dan baru di AWS.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved