Breaking News:

Berita Banyuwangi

Pemkab Banyuwangi Tegaskan Terus Perjuangkan Batas Daerah Ijen

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menegaskan pihaknya terus memperjuangkan bahwa Pemkab berkeinginan seluruh wilayah Kawah Ijen masuk Banyuwangi.

Penulis: Haorrahman | Editor: Parmin
surya.co.id/haorrahman
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menegaskan pihaknya terus memperjuangkan agar seluruh wilayah Kawah Ijen masuk Kabupaten Banyuwangi. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menegaskan pihaknya terus memperjuangkan batas daerah di Kawah Ijen, dengan tetap berkeinginan seluruh wilayah Kawah Ijen masuk Banyuwangi.
Selama ini hanya sebagain wilayah Kawah Ijen yang masuk Kabupaten Banyuwangi. 

”Jadi begini, pertama, saya jelaskan bahwa kami sudah kirim surat ke Kemendagri, bahwa kita tetap ingin Ijen sepenuhnya masuk Banyuwangi.

Saat ini juga kita akan susulkan surat tambahan dengan argumentasi-argumentasi yang detail ke Kemendagri, yang intinya kita ingin Ijen tetap sepenuhnya masuk Banyuwangi, bukan 1/3 daerah lain dan 2/3 Banyuwangi meskipun itu tetap lebih besar Banyuwangi,” ujar Ipuk seusai rapat paripurna di Gedung DPRD Banyuwangi, Rabu (30/6/2021).

”Jadi hingga detik ini, belum ada penetapan terkait batas daerah di kawasan tersebut dari Kemendagri sebagai otoritas yang berhak menetapkan batas daerah,” imbuh Ipuk.

Ipuk mengatakan, tim Pemkab Banyuwangi juga sudah bertemu dengan tim Kemendagri pada pertengahan Juni 2021 di Jakarta, dan Kemendagri akan kembali melakukan mediasi.

”Kemendagri sudah mengakui adanya surat dari Pemkab Banyuwangi bahwa tidak ada kesepakatan terkait batas daerah, dan akan memediasi ulang semuanya. Soal diplomasi dan argumentasi teknisnya, kita tidak ingin perang di media dengan instansi pemerintah lain. Intinya, belum ada penetapan Kemendagri terkait itu,” ujarnya.

Ipuk menambahkan, pihak eksekutif berterima kasih kepada DPRD Banyuwangi yang terus mendorong agar Ijen tetap masuk Banyuwangi. 

”Apa yang disampaikan teman-teman DPRD Banyuwangi menjadi vitamin bagi eksekutif untuk terus memperjuangkan ini. Jadi nanti bila memungkinkan, kami juga mengundang pimpinan Dewan untuk mengetahui secara langsung perjuangan diplomasi kita ke pemerintah provinsi dan Kemendagri,” jelasnya. 

Meski belum ada penetapan batas wilayah, Ipuk mengaku telah melakukan upaya-upaya pengembangan Ijen.

“Belum lama ini, kami bertemu dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas untuk penyediaan air bersih di kawasan Paltuding (kaki Gunung Ijen),” jelas Ipuk.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved