Breaking News:

Laksamana Yudo Margono akan Libatkan Pasukan Komcad Matra Laut untuk Menghadapi Ancaman Militer

Laksamana Yudo Margono akan libatkan pasukan Komponen Cadangan (Komcad) matra laut untuk menghadapi ancaman militer dan hibrida.

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta | Editor: Musahadah
Youtube Puspen TNI
Laksamana TNI Yudo Margono. 

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta | Editor: Musahadah

SURYA.co.id - Para pasukan Komponen Cadangan ( Komcad) matra laut akan dilibatkan untuk menghadapi ancaman militer dan hibrida.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Laksamana Yudo Margono mengatakan akan menerapkan strategi empat operasi gabungan matra laut guna menghadapi ancaman militer dan hibrida.

"Yaitu operasi laut gabungan, operasi amfibi, operasi pendaratan administrasi, dan operasi pertahanan pantai yang didukung komponen cadangan (komcad) dan komponen pendukung yang sudah dilatih dan disiapkan," ujar Yudo dalam Seminar Nasional Seskoal 2021, dikutip dari kanal Youtube Sesko TNI AL, Rabu (23/6/2021).

Indonesia sebagai negara kepulauan, kata Yudo, memerlukan pertahanan maritim yang kuat dan proporsional.

Laksamana Yudo Margono yang Berpeluang Jadi Panglima TNI. Profil dan biodatanya ada di artikel ini
Laksamana Yudo Margono yang Berpeluang Jadi Panglima TNI. Profil dan biodatanya ada di artikel ini (Kompas.com/Hadi Maulana)

Pertahanan maritim tersebut mencakup wilayah laut, udara, dan darat, yang dapat menghadapi segala potensi ancaman yang ada.

Untuk itu, perumusan sistem pertahanan negara perlu melibatkan seluruh komponen, baik militer maupun sipil.

"Perlu ada kerja sama antara TNI, akademisi, maupun pihak pengambil kebijakan dalam perspektif negara kepulauan," terang Yudo.

Yudo mengatakan, TNI AL saat ini telah memiliki tiga Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan), yakni Kogabwilhan I, Kogabwilhan II, dan Kogabwilahan III.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved