Breaking News:

Berita Jember

Hasil Tracing dan Tes Swab Antigen di DPRD Jember, Bertambah Satu Anggota Dewan Positif Covid-19

Hasil penelusuran dan tes paparan Covid-19 terhadap 106 orang di DPRD Jember menunjukkan satu orang terindikasi positif.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Tes swab antigen massal di Gedung DPRD Jember pada Rabu (23/6/2021) kemarin. 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Hasil penelusuran (tracing) dan tes paparan Covid-19 terhadap 106 orang di DPRD Jember menunjukkan satu orang terindikasi positif. Orang itu adalah anggota DPRD Jember dari Fraksi PKB.

Wakil Ketua DPRD Jember, Ahmad Halim mengatakan, dari laporan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) kepada pimpinan DPRD Jember, dari 106 orang yang mengikuti tes rapid (cepat) swab (usap) Antigen di gedung DPRD Jember, dinyatakan satu orang yang positif.

"Dari yang mengikuti tes swab di DPRD Jember kami mendapatkan laporan dari Dinkes, ada satu orang yang positif, yakni seorang anggota DPRD Jember," ujar Halim, Kamis (24/6/2021).

Hasil tersebut sudah disampaikan kepada yang anggota dewan tersebut. Pihaknya juga sudah meminta kepada yang bersangkutan untuk melakukan isolasi.

Dinkes kemudian juga melakukan tracing dan tes kepada keluarga anggota dewan itu.

"Ada tracing lanjutan yakni kepada keluarga anggota dewan tersebut, yang kemudian diikuti tes. Untuk beliau ini, kami tidak tahu riwayat kontaknya siapa saja. Mungkin karena faktor usia, juga punya penyakit lain (komorbid)," imbuhnya.

Sementara itu, untuk kegiatan kedewanan ditiadakan hingga hari Minggu (27/6/2021) mendatang.

Meski kegiatan dewan tidak ada, ASN Sekretariat DPRD Jember tetap masuk pada Kamis (24/6/2021). Dari kelompok ASN Sekretariat DPRD Jember tidak ada yang dinyatakan positif, semuanya negatif dari hasil tes swab tersebut.

Tes swab itu menyusul adanya satu orang anggota DPRD Jember yang dinyatakan positif Covid-19. Tes swab dilakukan menyeluruh kepada mereka yang pada hari Selasa (22/6/2021), kegiatan di gedung DPRD Jember. Ketika itu ada rapat paripurna pembahasan LPP APBD dan juga rapat paripurna internal Pansus Covid-19.

Pada Rabu (23/6/2021), diketahui satu anggota dewan yakni Ketua Komisi C, David Handoko Seto terkonfirmasi positif Covid-19.

Siang harinya, akhirnya dilakukan tes swab secara cepat dan massal. Ada 106 orang yang mengikuti tes swab itu, antara lain Bupati Jember Hendy Siswanto, Wabup Jember M Balya Firjaun Barlaman, Ketua DPRD Jember M Itqon Syauqi, tiga orang wakil ketua dewan, puluhan anggota dewan, puluhan ASN DPRD Jember, wartawan, petugas kebersihan, juga pengelola kantin DPRD Jember.

"Sehingga untuk anggota dewan yang positif, ada dua orang," pungkas Halim.

Dari informasi yang dihimpun SURYA.CO.ID, kini anggota dewan kedua yang terkonfirmasi positif, sudah menjalani perawatan di rumah sakit karena memiliki penyakit penyerta.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved