Breaking News:

Berita Surabaya

Dimas Oky Nugroho Bawa Spirit Muda dan Perubahan di Kongres X IKA Universitas Airlangga

Kongres X Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) kali ini penuh warna dan dinamika serta mulai menumbuhkan wacana-wacana kritis dari nama calon

Editor: Adrianus Adhi
Dok Dimas Oky
Dimas Oky, Calon Ketua Ikatan Alumni Universitas Airlangga 

SURYA.co.id, Surabaya - Kongres X Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) kali ini penuh warna dan dinamika serta mulai menumbuhkan wacana-wacana kritis dari nama calon yang muncul. Terlebih, prestasi Unair secara kelembagaan telah tembus 465 besar dunia berdasarkan QS World Rankings. 

Salah satu nama yang muncul sebagai kandidat kuat adalah Dimas Oky Nugroho, alumni Universitas Airlangga Surabaya Studi S1 Ilmu Politik angkatan tahun 1996 yang membawa spirit muda dan perubahan.

Doktor Antropologi Politik dari UNSW ini ingin mengabdikan dirinya sekaligus memberi pendampingan dan membersamai anak bangsa, khususnya alumni Unair merajut kolaborasi dan membangun kompetensi. Serta, memajukan Unair dan mewujudkannya sebagai world class university.

"Proses pemilihan Ketua Umum IKA, sudah saatnya dilakukan secara partisipatif, demokratis, transparan dan jujur, melalui  _e-voting_ yang juga telah dilakukan kampus-kampus besar lainnya. Sehingga nantinya kita harapkan hasilnya betul-betul melahirkan pengurus yang bekerja melayani, membuat guyub dan membesarkan IKA UNAIR, potensi para alumni luar biasa," kata Dimas.

Sejak tahun 2011, Dimas menggagas Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) yakni pelatihan kepemimpinan dan kebangsaan untuk anak muda dari Aceh sampai Papua. Saat ini telah terlaksana delapan angkatan.

Pada tahun 2016 ia menggulirkan program Anak Muda Punya Usaha (AMPUH) yang fokus pada pendampingan kewirausahaan untuk anak-anak muda. Lalu pada tahun 2017 ia mendirikan Diskusi Kopi dan Ruang Berbagi, usaha rintisan di bidang kuliner dan co-working space. Kemudian tahun 2018, ia mendorong program ‘sharing session’ anak muda lintas kota bernama Kolaborasi Positif. Melalui platform Kolaborasi Positif ini ia berniat untuk memunculkan anak-anak muda berprestasi dari berbagai daerah untuk diapresisasi dan dijadikan inspirasi bagi anak muda lainnya.

Pada April 2019, Dimas menginisiasi program pelatihan dan pertukaran pemimpin muda Indonesia ke sejumlah negara sahabat. Ia melihat para calon pemimpin muda harus paham tentang perspektif ekonomi dan politik global sejak dini. Angkatan pertama ke Singapura dengan berkunjung ke sejumlah institusi pendidikan, sosial budaya, ekonomi kreatif, kementerian kepemudaan, asosiasi pemuda dan berdialog dengan para pemimpin muda setempat. Angkatan kedua berkunjung ke Australia.

Semangat muda dan inovatif ini yang menjadi pertimbangan pengurus ikatan alumni Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial (FISIP) Unair solid untuk mendukung Dimas maju pada Pemilihan Ketua IKA UA mendatang. Ditambah, Dimas selama mahasiswa dikenal sebagai aktivis tulen, dan pernah menjadi Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fisip Unair periode 1998-1999. Dimas juga anak muda yang berkiprah nasional, pernah menjadi Staf Khusus Kantor Staf Presiden, Komisaris Independen Bank Syariah Mandiri dan saat ini Staf Ahli Menko Bidang Perekonomian.

"Pada intinya, saya selaku Ketua IKA FISIP Unair didukung semua alumni FISIP yang hadir dalam kesempatan ini, menyatakan sepakat untuk mendukung Dimas Oky Nugroho dalam pencalonannya sebagai Calon Ketua Umum IKA Unair mendatang," ujar Ketua IKA FISIP Andik Fadjar Tjahjono dalam deklarasi Kaum Muda Alumni Unair Surabaya saat dihubungi.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Tim Pemenangan Dimas Oky Nugroho, Khairul Fahmi, yang menyebut seluruh alumni IKA FISIP Unair solid memberikan dukungan kepada Dimas.

"Tetapi kami tetap menjalankan mandat dan bersandar sepenuhnya pada keputusan yang diambil oleh IKA FISIP untuk mengusung dan memenangkan Dimas Oky Nugroho secara demokratis. Ini eranya anak muda, era digital dan ekonomi kreatif,” pungkas Fahmi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved