Breaking News:

Penanganan Covid

Bidan Jadi Ujung Tombak Vaksinasi Selama Pandemi Covid-19 di Kota Kediri

Pandemi Covid 19 membuat tenaga bidan menjadi ujung tombak percepatan vaksinasi Covid 19 di Kota Kediri. Sebanyak 87 bidan terlibat dalam pelayanan

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Fatkhul Alami
Surabaya.Tribunnews.com/Didik Mashudi
Bidan Jadi Ujung Tombak Vaksinasi Selama Pandemi Covid-19 di Kota Kediri 

SURYA.co.id | KEDIRI - Pandemi Covid 19 membuat tenaga bidan menjadi ujung tombak percepatan vaksinasi Covid 19 di Kota Kediri. Sebanyak 87 bidan yang terlibat dalam pelayanan vaksinator.

Keterlibatan bidan juga terlihat dalam kegiatan vaksinasi Covid 19 untuk pra lansia, lansia dan pendamping lansia yang berlangsung di sejumlah kelurahan.

Darminingsih, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Kediri menjelaskan, sejak Januari 2021, para bidan telah diterjunkan membantu memberikan vaksinasi.

“Karena dibutuhkan dalam akselerasi vaksinasi, maka bidan dilatih untuk menjadi vaksinator,” ungkap Darminingsih, Rabu (23/6/2021).

Dijelaskan, penunjukan tugas vaksinator diutamakan bagi bidan puskesmas. “Selebihnya menjadi tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan Cobid -19 maupun pelayanan kesehatan ibu dan anak,” jelasnya.

Kebijakan pemberian sertifikasi nilai 5 satuan kredit poin (SKP) juga diberikan bagi bidan yang melayani dan atau merawat pasien Covid-19.

Satuan kredit poin ini bisa digunakan untuk syarat perpanjangan Surat Tanda Registrasi (STR) bidan. "Ini menjadi salah satu penghargaan, karena mengingat perawat dan bidan banyak yang gugur pada pandemi ini,” tambahnya.

Selain itu kesehatan ibu dan anak pada kondisi pandemi Covid 19 tetap menjadi fokus utama bidan di Kota Kediri.

Seperti disampaikan Lina, tenaga bidan di Kelurahan Burengan, hingga saat ini tetap ada pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA), gizi dan keluarga berencana (KB).

“Pemantauan kesehatan wilayah masih dilakukan dan koordinasi dengan penanggung jawab program di puskesmas,” jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved