Breaking News:

Anggota DPR Ihsan Yunus Jadi Saksi Kasus Bansos, Ini Pengakuannya di Pengadilan

Sidang menghadirkan saksi Ihsan Yunus, yang merupakan mantan Wakil Ketua Komisi VIII DPR sekaligus politisi PDI-P.

Editor: Suyanto
DOC.DPR
Juliari Batubara mantan Menteri Sosial 

SURYA.co.id I JAKARTA - Sidang lanjutan kasus fee  proyek bantuan sosial (Bansos) digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (21/6/2021).

Sidang menghadirkan saksi Ihsan Yunus, yang merupakan mantan Wakil Ketua Komisi VIII DPR sekaligus politisi PDI-P.

Dalam kesaksiannya, Ikhsan Yunus mengatakan, dirinya justru dihubungi Agustri Yogasmara atau Yogas untuk menanyakan pengadaan bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Yogas disebut-sebut sebagai orang dekat Ikhsan Yunus yang juga turut menentukan pemberian kuota pengadaan bansos Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020.

Ikhsan menyebut dirinya dihubungi oleh Yogas yang menanyakan apakah warga daerah tempat tinggal Yogas bisa mendapat bansos Covid-19.

Kemudian Ikhsan meminta Yogas untuk berkomunikasi dengan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial (Kemensos) Syafii Nasution.

"Jadi selang beberapa hari saya ketemu Pak Syafii saudara Yogas menelepon saya, nanya, 'Pak ini ada gak bantuan dari Kemensos untuk daerah rumahnya karena ini semua lagi susah'," sebut Iksan dalam persidangan dikutip dari Tribunnews.com.

"Silahkan saja ke Pak Syafii kebetulan kemarin baru bertemu di DKI memang ada, kata saya begitu," sambungnya. Atas pernyataan itu, jaksa mencecar beberapa pertanyaan pada Ikhsan.

Terutama tentang hubungan kedekatannya dengan Yogas. "Kenapa kok Yogas nanya ke saksi terkait program di Kemensos, apakah pernah cerita kalau ketemu Syafii?," tanya jaksa. "Enggak sih, saya enggak pernah ngomong sama Yogas," jawab Ikhsan.

Jaksa lalu menanyakan kembali, kenapa Yogas menanyakan program bansos itu pada Ikhsan. Ikhsan mengatakan Yogas menanyakan hal itu karena tahu dirinya berada di Komisi VIII DPR. "Karena waktu itu lihat di media banyak bantuan-bantuan dari Kemensos, Kemenkes dan seterusnya. Dia tahu saya di Komisi VIII (maka) dia tanya saya," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved