Breaking News:

Berita Jember

Lompat Daerah sampai Lompat Pagar demi Burung, Warga Banyuwangi Malah Masuk Penjara

SR tepergok saat melompati pagar rumah warga di Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari demi mendapatkan seekor burung Jalak Suret

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
Humas Polres Jembe
Pelaku pencurian burung ditahan di Polsek Sumbersari Jember. 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Memelihara burung langka dengan harga tinggi menjadi kesibukan rutin sebagian warga untuk menghabiskan waktu di masa pandemi, tetapi pencurian burung pun makin marak. SR (27), bahkan rela bepergian lintas daerah hanya agar bisa mencuri seekor burung piaraan milik warga Jember, meski akhirnya harus berakhir di tahanan kepolisian.

SR tepergok saat melompati pagar rumah warga di Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari demi mendapatkan seekor burung Jalak Suren yang berada di dalam sangkar. Warga Kecamatan Kalibaru Banyuwangi itu paham bahwa itu adalah burung berharga mahal.

"Benar, kami menangani kasus pencurian burung. Burung yang dicuri harganya jutaan rupiah," ujar Kapolsek Sumbersari, AKP Sugeng P, Minggu (20/6/2021).

Dituturkan Sugeng, pelaku diduga sudah mengetahui sejak lama bahwa di rumah warga itu ada seekor burung yang tergolong mahal. Dan ia nekat mendapatkannya dengan cara naik ke pagar teras rumah korban.

Apes, saat posisi di atas pagar, ternyata ada seorang warga melihatnya. Tidak diketahui, mengapa SR sampai gelap mata melakukan aksinya di siang bolong. "Saat melompat pagar itu, ia ketahuan warga. Akhirnya warga teriak maling burung," imbuh Sugeng.

Apalagi tidak jauh dari rumah yang diincar SR adalah rumah anggota kepolisian, sehingga penangkapan pun makin seru. Akibatnya pelaku pun dengan cepat ditangkap warga dan anggota Polri tersebut.

"Dari tangan tersangka SR, kami berhasil menyita sejumlah barang bukti. Antara lain sebuah sarung warna hijau, satu unit sepeda motor. Satu ekor burung Jalak Suren dan sebuah sangkar burung warna hitam," terang Sugeng.

Burung dan sangkar yang diambilnya ditaksir seharga Rp 2,7 juta. Kini SR sudah mendekam di sel Polsek Sumbersari. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved