Breaking News:

Telanjur Buat Ritual Bagandang Nyiru Cari Ibu Hilang 9 Hari Seusai Melahirkan, Ternyata ini Faktanya

Telanjur buat ritual Bagandang Nyiru untuk mencari ibu yang hilang 9 hari setelah melahirkan, ternyata fakta yang terungkap tak terduga. 

Editor: Musahadah
istimewa via banjarmasin post
Ibu muda yang menghilang 9 hari seusai melahirkan saat ditemukan suaminya. Proses pencarian sempat memakai ritual Bagandang Nyiru. 

SURYA.CO.ID - Telanjur buat ritual Bagandang Nyiru untuk mencari ibu yang hilang 9 hari setelah melahirkan, ternyata fakta yang terungkap tak terduga. 

Ritual Bagandang Nyiru ini adalah tradisi masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan yang menggunakan tampah untuk mencari orang yang hilang dibawa makhluk gaib. 

Tradisi ini dilakukan warga sekitar dengan cara memukul tampah beramai-rami agar makhluk ghaib yang menyembunyikan bisa mendekat.

Masyarakat banjar beranggapan makhluk ghaib itu suka dengan acara gamelan, musik-musikan, dan hal yang berkaitan dengan orang ramai.

Harapannya orang yang disembunyikan makhluk ghaib tersebut bisa menjauh dari tempat persembunyian.

Saat ibu muda Fitria (25) yang baru 9 hari melahirkan itu lah, tradisi Bagandang Nyiru itu dilakukan.  

Baca juga: Rumah Dilalap Si Jago Merah, Dua Warga Sumbersari Kota Malang Alami Luka Bakar

Fitria dikabarkan kabur dari rumah, menjelang magrib dengan cara berlari ke belakang rumah yang merupakan kebun karet, Jumat 18 Juni 2021.

Pencarian pun dilakukan warga Desa Cukan Lipai, Kecamatan Batang Alai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan, mulai pukul 08.00 atau selepas waktu salat isya.

Tak hanya melibatkan pambakal (Kepala Desa) dan aparat desa, tapi juga para relawan BPK dari Balakar 654 Murakata yang berdatangan membantu pencarian.

Tradisi “bagandang nyiru’ (memukul tampah) sambil memanggil nama Fitria pun dilakukan, sambil menyisir kebun karet, tapi tak juga ditemukan.

Tradisi Bagandang Nyiru untuk cari orang hilang di Kalimantan Selatan.
Tradisi Bagandang Nyiru untuk cari orang hilang di Kalimantan Selatan. (Facebook)
Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved