Breaking News:

Berita Ponorogo

DPRD Ponorogo Raih Penghargaan Nirwasita Tantra dan Green Leadership KLHK

DPRD Ponorogo meraih peringkat tiga kategori kabupaten sedang yang diterima langsung oleh Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto secara virtual.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Titis Jati Permata
tribun jatim/sofyan arif candra
Ketua DPRD Ponorogo Sunarto 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ponorogo meraih penghargaan Nirwasita Tantra dan Green Leadership dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

DPRD Ponorogo meraih peringkat tiga kategori kabupaten sedang yang diterima langsung oleh Ketua DPRD Ponorogo, Sunarto secara virtual.

Sunarto mengatakan, penghargaan ini merupakan penilaian bertaraf nasional untuk kepemimpinan berbasis penyelesaian masalah lingkungan dan mempertahankan daerah hijau yang dinilai pada tahun 2020.

Salah satu yang menjadi indikator kesuksesan dalam meraih penghargaan Nirwasita Tantra dan Green Leadership ini adalah hutan kota di Jalan HOS Cokroaminoto.

Politisi NasDem tersebut menyebutkan, penghargaan Green Leadership merupakan yang pertama kalinya bagi DPRD Ponorogo.

"Harapan kami jangan sampai berhenti pada penganugrahan saja, harus ada implementasi kebijakan dari pemerintah daerah di desa dan wilayah," kata Sunarto, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Seperti Ini Persiapan Sekolah Tatap Muka saat Pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang

Salah satunya adalah penyelesaian masalah kekeringan yang masih terjadi di desa-desa setiap tahun saat datang musim kemarau.

"Jangka panjangnya tidak hanya suplai air bersih tapi bagaimana daerah rawan kering ini bisa teratasi dengan penampungan air bersih atau bisa juga dengan penghijauan," ucapnya.

Selain itu dengan reboisasi juga diharapkan bisa menyelesaikan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta banjir yang terjadi setiap tahun.

"Karhutla ini sebenarnya banyak terjadi di wilayah Perhutani, tapi Pemda harus bersinergi dengan Perhutani agar tidak terulang terus, karena banyak warga kita yang menggantungkan hidup dengan bercocok tanam di lahan tersebut," lanjutnya.

Menurut Sunarto, permasalahan lingkungan harus ditangani secara komprehensif dengan kebijakan pemerintah yang menyeluruh.

Ke depan, Sunarto optimis DPRD Ponorogo mampu mempertahankan bahkan naik peringkat dalam penghargaan Nirwasita Tantra.

Salah satu modal untuk memperoleh penghargaan Green Leadership ini adalah Perda Persampahan yang tahun ini ditargetkan rampung.

"Perda Persampahan sudah 'dok' tapi masih proses fasilitasi di tingkat gubernur. Harapan kita dengan regulasi ini bisa meningkatkan kualitas pengelolaan sampah dan lingkungan," pungkasnya.

BACA BERITA PONOROGO LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved