Breaking News:

Berita Sidoarjo

Polda Jatim Resmikan Kampung Tangguh Bersih Narkoba di Pepelegi Kabupaten Sidoarjo

Program kerja yang berorientasi pada edukasi masyarakat akan bahaya narkoba, sebagai antisipasi penyalahgunaan narkoba.

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Humas Polda Jatim
Suasana peresmian Kampung Tangguh Bersih Narkoba di Kantor Desa Pepelegi, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (16/6/2021). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jatim membentuk sekaligus meresmikan 'Kampung Tangguh Bersih Narkoba', di Desa Pepelegi, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Rabu (16/6/2021).

Selain sebagai tindak lanjut perintah Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memberantas penyalahgunaan narkoba.

Melalui program tersebut, diharapkan upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba, tidak lagi sebatas mengandalkan peran aparat dari institusi kepolisian maupun TNI, semata.

Namun, dapat juga melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung dan aktif dalam aspek preventif guna mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat.

Di dalam program tersebut, masyarakat akan diajak membentuk struktur organisasi secara kolektif yang nantinya akan berperan menjalankan berbagai fungsi preventif pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Seperti, program kerja yang berorientasi pada edukasi masyarakat akan bahaya narkoba, sebagai antisipasi penyalahgunaan narkoba.

Baca juga: Polisi Tangkap 5 Pelaku Ilegal Logging Sono Keling di Ponorogo, Ngaku Dipesan dari Luar Jatim

Selain itu, keberadaan Kampung Tangguh Bersih Narkoba tersebut, juga diharapkan mampu menjalankan fungsi kuratif secara langsung, penanganan individu atau seseorang yang menyalahgunakan narkoba.

Artinya, Kampung Tangguh Bersih Narkoba tersebut bakal menjadi kepanjangan tangan stakeholder terkait yang berfungsi dalam menyediakan fasilitas rehabilitasi dan konsultasi bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan penanganan kesehatan.

Apalagi, Kampung Tangguh Bersih Narkoba tersebut, memiliki sejumlah fasilitas penunjang, seperti fasilitas ruang konsultasi, ruang rehabilitasi narkoba, dan perpustakaan mini.

Direktur Ditresnarkoba Polda Jatim Kombes Pol Hanny Hidayat menuturkan, tugas pemberantasan narkoba bukan berorientasi pada penindakan hukum semata.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved