Breaking News:

Berita Madiun

Gubernur Larang Ekspor Katak atau Bibit Porang, Mentan: Jatim Jadi Percontohan Budidaya Porang

Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan telah mengeluarkan SK larangan ekspor katak atau bibit porang.

Penulis: Rahadian Bagus | Editor: Parmin
surya.co.id/rahadian bagus
Mentan Syahrul Yasin Limpo didmpaingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Bupati Madiun Ahmad Dawami seusai panen raya porang di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Kamis (17/6/2021). 

SURYA.co.id|MADIUN - Gubernur  Khofifah Indar Parawansa mengatakan telah mengeluarkan SK larangan ekspor katak atau bibit porang.

Hal itu disampaikan Khofifah, usai menghadiri acara panen raya porang di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Kamis (17/6/2021) sore.

"Pemprov Jatim sudah mengeluarkan surat keputusan Gubernur,  melarang ekspor katak, katak ini yang seperti disampaikan Pak Mentan, banyak diburu oleh banyak negara yang beriklim tropis untuk dibudidayakan," kata Khofifah.

Ia meminta kepada bupati dan seluruh petani porang agar menjaga ketersediaan katak, agar bisa dibudidayakan di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

"Sesuai dengan SK gubernur, melarang katak untuk diekspor, katak ini dibudidayakan di dalam negeri, Jawa Timur ini luasan lahan masih cukup untuk bisa ditanami porang," katanya.

Terkait dengan hilirisasi, Khofifah mengatakan, Pemprov Jatim sudah menggandeng Universitas Brawijaya untuk bisa mengembangkan berbagai varian produk yang berbahan dasar porang, guna meningkatkan nilai ekonomis porang. 

"Mudah-mudahan kita bisa segera mengembangkan end produk, dengan berbagai macam varian. Dan pasti membutuhkan teknologi pangan yang lebih advance supaya pasar yang bisa diakses lebih luas lagi," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, Jawa Timur akan dijadikan tempat percontohan untuk pembudidayaan porang. 

"Tentu saja Indonesia akan belajar dengan ibu gubernur di sini, tentu saja kita akan siap di sini untuk menjadikan support yang lebih kuat, Jawa Timur akan menjadi contoh Indonesia," katanya.

Ia mengatakan, porang merupakan harta karun baru Indonesia yang bisa mengangkat ekonomi suatu daerah. Oleh sebab itu, sejak 2020, Kementrian Pertanian sudah menjadikan porang sebagai salah satu komoditas unggulan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved