Breaking News:

Berita Kediri

UPDATE Perempuan di Kediri Ajukan Permohonan Ganti Status Jadi Laki-laki, Dioperasi Tahun 2016

Perempuan di Kediri Ajukan Permohonan Ganti Status Jadi Lelaki Ani Kasanah, warga Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Adrianus Adhi
SURYA/Farid Mukarrom
Ani Kasanah penderita Hipospadia asal Desa Selopanggung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dengan didampingi Pendamping hukumnya. 

SURYA.CO.ID | KEDIRI - Nama Ani Kasanah, warga Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri mendadak jadi perbincangan publik Indonesia. Dia mengalami Hipospadia.

Hipospadia adalah suatu kelainan yang menyebabkan letak lubang kencing (​uretra) bayi laki-laki menjadi tidak normal

Kasus Hipospedia di Indonesia pernah terjadi pada atlet voli INdonesia, Aprilia Manganang.

Sama seperti April, Ani Kasanah juga diketahui mempunyai akta dengan jenis kelamin Perempuan, kemudian seiring berjalan waktu sampai menginjak sekolah SMP sebagai normalnya perempuan, ia tak mengalami menstruasi. 

Selain itu ia juga diketahui lebih nyaman bergaul dengan temannya laki - laki. Hingga akhirnya Ani Kasanah menceritakan kondisinya ke guru SMPnya.

Guru SMP dari Ani Kasanah kemudian membahas ini bersama sekolah, hingga akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Gambiran.

Kemudian dari RSUD Gambiran merujuk ke Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya. Dari pemeriksaan rumah sakit Soetomo Surabaya, menyebutkan bahwa Ani Sakinah memiliki kromosom "46, XY" yang artinya Pemohon berjenis kelamin laki-laki sepenuhnya.

Selanjutnya Ani Kasanah dirujuk ke rumah sakit RSKK Pare untuk dilakukan operasi penyempurnaan jenis kelamin. Hasil diagnosis dari RSKK Pare, menyebut Ani Kasanah alami Hipospadia Perineal.

Namun karena kendala seperti biaya, akhirnya baru dilakukan operasi pada tahun 2016.

Kemudian Ani Kasanah kembali melakukan operasi pada tanggal 8 Februari 2021 untuk melakukan penyempurnaan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved