Breaking News:

TIPS MENOLONG Penderita Serangan Jatung, Yuk Belajar Atasi Kondisi Darurat, Begini Caranya

Melansir Health Line, seseorang yang mengalami serangan jantung biasanya memiliki salah satu atau semua kondisi berikut:

Editor: Suyanto
Freepik by user12715979
Ilustrasi serangan jantung 

SURYA.co.id I Kasus serangan jantung terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan cukup darah. Apabila tidak ada cukup darah yang mengalir ke otot jantung, bagian yang terkena bisa rusak atau mati. Kondisi ini berbahaya dan mematikan.

Meski mematikan, beberapa orang dapat selamat dari kejadian ini. Bertindak cepat dan tepat diperlukan untuk menjaga mereka untuk bertahan hidup.

Apa yang harus dilakukan?
Masyarakat umum mungkin menganggap serangan jantung selalu terjadi secara tiba-tiba. Sebenarnya, ada tanda-tanda yang bisa menjadi peringatan akan terjadinya serangan jantung.

Melansir Health Line, seseorang yang mengalami serangan jantung biasanya memiliki salah satu atau semua kondisi berikut:

1. Ketidaknyamanan di dada, terutama bagian tengah yang berlangsung lebih dari beberapa menit atau datang dan pergi. Ketidaknyamanan mungkin terasa seperti ditekan, sesak, diremas, atau nyeri

2. Nyeri atau ketidaknyamanan yang menyebar ke bahu, lengan, punggung, leher, rahang, gigi atau kadang-kadang perut bagian atas

3. Sesak napas yang bisa datang dengan atau tanpa ketidaknyamanan dada.
4. Sensasi yang tidak biasa seperti keringat dingin, mual, muntah, perasaan ingin pingsan, atau pusing. Wanita lebih mungkin mengalami gejala semacam ini dibandingkan pria

5. Serangan jantung pada umumnya menyebabkan nyeri dada selama lebih dari 15 menit. Beberapa penderita mengalami nyeri dada ringan, sementara yang lainnya bisa mengalami nyeri yang lebih parah. Ketidaknyamanan ini pada umumnya digambarkan sebagai perasaan seperti ditekan, diremas, atau nyeri di dada. Tapi, beberapa orang mungkin juga tidak memiliki nyeri dada atau tekanan sama sekali.

Beberapa serangan jantung memang dapat menyerang secara tiba-tiba. Tapi, perlu diketahui bahwa banyak orang bisa juga memiliki tanda-tanda peringatan serangan jabeberapa jam atau beberapa hari sebelumnya.

Anda bisa melakukan beberapa langkah pertolongan pertama berikut:
1. Jangan panik dan segera menghubungi nomor darurat medis terdekat

Halaman
123
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved