Breaking News:

Berita Kediri

Tak Ingin Kehilangan Budaya Olahraga Tradisional, Pemkab Kediri Gelar Seleksi Tingkat Provinsi Jatim

Dinas Pendidikan Olahraga Kabupaten Kediri menggelar kegiatan seleksi olahraga permainan tradisional terompah dan egrang tingkat Provinsi Jawa Timur

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Farid Mukarrom
Lomba egrang di Lapangan Paron, Ngasem, Kabupaten Kediri, Rabu (16/6/2021). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Dinas Pendidikan Olahraga Kabupaten Kediri menggelar kegiatan seleksi olahraga permainan tradisional terompah dan egrang tingkat Provinsi Jawa Timur di Lapangan Paron, Kecamatan Ngasem pada Rabu (16/6/2021).

Kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Seksi Pemuda Olahraga Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Tri Setyo Nugroho mengatakan, bahwa ajang ini merupakan kegiatan rutin yang sebelumnya pernah dilakukan.

Selain itu dalam kegiatan ini harusnya ada lima jenis perlombaan yang diselenggarakan.

Namun, karena dalam masa pandemi Covid-19, maka ajang perlombaan ini hanya menyelenggarakan dua jenis perlombaan.

"Semestinya yang diperlombakan itu ada lima cabang olahraga tradisional yaitu terompah, hadangan, egrang, sumpitan dan dagongan. Akan tetapi karena masih masa pandemi akhirnya di Kabupaten Kediri hanya bisa mengadakan kegiatan seleksi untuk olahraga tradisional terompah dan egrang," ujar Tri Setyo Nugroho di Lapangan Desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Rabu (16/6/2021).

Sementara itu, Panitia Pelaksanaan Seleksi, Gutomo menambahkan, bahwa tujuan digelarnya lomba olahraga tradisional ini adalah untuk menghidupkan budaya yang sudah ada sejak zaman dahulu.

"Seleksi ini diikuti oleh 32 atlet olahraga tradisional dari tingkat SLTP se-Kabupaten Kediri. Terkait dengan aturan main lomba olahraga tradisional ini, sudah ditentukan oleh KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia)," jelasnya.

Seperti diketahui, olahraga tradisional egrang atau engrang atau juga jangkungan adalah galah atau tongkat yang digunakan seseorang agar bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah.

Engrang berjalan adalah galah yang diperlengkapi dengan tangga sebagai tempat berdiri atau tali pengikat untuk diikatkan ke kaki untuk berjalan.

Adapun terompah panjang, adalah permainan olahraga tradisional yang mempergunakan kayu panjang dengan ukuran tertentu sebagai alat mengadu kecepatan untuk menempuh jarak yang telah ditentukan.

Permainan ini dilakukan oleh tiga atau lima orang dalam sepasang terompah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved