Breaking News:

KKB Papua

Ratius Murib Bocorkan Uang Beli Senjata KKB Papua dari Ketua DPRD Tolikara dan Pemkab Puncak Jaya

Ratius Murib alias Neson Murib membocorkan dana yang didapatkan diduga digunakan membeli senjata untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Editor: Iksan Fauzi
Kolase Istimewa
Terduga pemasok senjata api ke KKB Papua, Ratius Murib bocorkan uang untuk beli senpi diduga berasal dari Ketua DPRD Tolikara dan Pemkab Puncak Jaya. Foto kanan : anggota KKB Papua. 

SURYA.co.id | JAKARTA - Ratius Murib alias Neson Murib membocorkan dana yang didapatkan diduga digunakan membeli senjata untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. 

Saat ini, Ratius Murib ditahan di Mapolres Puncak Jaya setelah ditangkap Satgas Nemangkawi karena kedapatan membawa uang sekitar Rp 370 juta saat transit mau ke Mimika. 

Satgas Nemangkawi menduga, Ratius Murib memasok senjata menggunakan uang dari Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Sonny Wanimbo dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak Jaya.

Uang dari Sonny Wanimbo sebesar Rp 370 juta didapatkan Ratius Murib dari pengakuannya kepada Satgas Nemangkawi yang menangkapnya.

Sementara, Satgas Nemangkawi juga menemukan dari buku catatan ada nominal uang Rp 600 juta berasal dari Pemkab Puncak Jaya.

Satgas Nemangkawi menemukan buku catatan yang di dalamnya mencatat adanya bantuan uang tunai mencapai Rp 600 juta kepada KKB.

Uang sebanyak itu diduga digunakan Ratius Murib untuk membantu KKb Papua membeli senjata kemudian dipakai melawan pemerintah Indonesia. 

Baca juga: Sosok Ratius Murib Pemasok Senpi ke KKB Papua Beromset Miliaran Rupiah Ditangkap Satgas Nemangkawi

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudusy menyebut uang dari Sonny Wanimbo sebesar Rp 370 juta diduga digunakan untuk membeli senjata dan amunisi untuk KKB Papua.

"Neson Murib membawa uang cash pecahan Rp 100 ribu sebanyak Rp 370 juta untuk bertemu dengan saudara Dewan Wenda yang mana bersedia membantu Neson Murib membeli senjata dan amunisi di Kabupaten Timika," kata Iqbal dalam keterangannya, Rabu (16/6/2021).

Menurut Iqbal, uang tersebut diduga diberikan Sonny Wanimbo kepada Neson pada April 2021 lalu di salah satu hotel di Papua.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved