Breaking News:

Berita Jember

Hari Donor Darah Sedunia, PMI Jember Kukuhkan Lumbung Pendonor Pemula

Sejumlah kegiatan itu antara lain sosialisasi donor darah, pengukuhan lumbung pendonor pemula

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/sri wahyunik
Donor darah di PMI Jember, Senin (14/6/2021). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni.

Sejumlah kegiatan itu antara lain sosialisasi donor darah, pengukuhan lumbung pendonor pemula, juga pengukuhan kampung donor darah.

Juga akan ada kegiatan donor darah massal di Alun-Alun Jember.

Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki mengatakan, dalam peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2021 ini bertemakan "Sumbangkan darahmu agar kehidupan di dunia terjaga".

"Karenanya kami melakukan sosialisasi kemanusian, tentang donor darah yang bisa menjaga kehidupan di dunia ini. Kami juga melakukan regenerasi pendonor, supaya kehidupan juga terus terjaga," ujar Zaenal, Senin (14/6/2021).

Regenerasi pendonor itu dilakukan dengan menggandeng sejumlah pondok pesantren di Jember. Terutama Ponpes yang memiliki santri mahasiswa.

Baca juga: 13 ODGJ Pasung di Kabupaten Trenggalek Direhabilitasi, Ini Kata Bupati Mas Ipin

"Karenanya pondok pesantren kami kukuhkan sebagai lumbung pendonor pemula. Kenapa Ponpes, karena mereka memiliki santri yang sudah cukup usia jadi pendonor, dan saat ini mereka juga sudah ada di pondok," imbuhnya.

Pendonor pemula juga bisa menyediakan minimal 100 orang pendonor dalam setiap kegiatan donor darah digelar.

Dalam rangkaian Hari Donor Darah Sedunia 2021, ada tiga Ponpes yang menjadi lumbung pendonor pemula. Juga ada pengukuhan Kampung Donor Darah.

BACA BERITA JEMBER LAINNYA

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved