Breaking News:

Berita Trenggalek

Dorong Investasi Masuk ke Trenggalek, Pemkab Bentuk Satgas Khusus

Pemkab Trenggalek membentuk Satuan Tugas Percepatan Ekonomi yang akan bertugas untuk mendorong masuknya investasi ke wilayah tersebut.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Aflahul Abidin
Sosialisasi Kebijakan Penanaman Modal dan Kemitraan Usaha di Trenggalek yang digelar pada Senin (14/6/2021). 

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek membentuk Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Ekonomi yang akan bertugas untuk mendorong masuknya investasi ke wilayah tersebut.

Pembentukan satgas itu disampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Kebijakan Penanaman Modal dan Kemitraan Usaha yang digelar pada Senin (14/6/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Joko Irianto mengatakan, satgas khusus itu dibentuk dalam upaya meningkatkan investasi dan kemudahan berusaha di Kabupaten Trenggalek.

Dengan demikian, satgas itu juga bertugas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Bentuk riilnya, tugas Satgas Percepatan Investasi ini salah satunya adalah mempercepat pelaksanaan kerja sama antara investor dengan usaha mikro, kecil dan menengah," kata Joko.

Untuk mendukung kerja satgas, kata Joko, pemkab telah merivisi rancangan peraturan daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah di Trengggalek.

“Prosesnya saat ini sampai pada tahap evaluasi terhadap rancangan itu oleh lintas sektor terbatas di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN),” tambah Joko.

Dalam Ranperda yang baru, beberapa hal yang berkaitan dengan investasi dimunculkan.
Selain itu, Pemkab Trenggalek juga telah membentuk tim teknis perizinan. Tim ini yang akan banyak bertugas dalam percepatan pengurusan izin investasi di Kabupaten Trenggalek.

“Kami juga telah merintis Kafe Pelayanan Publik, meningkatkan promosi investasi melalui lelang investasi, penyusunan dokumen prospektus, melakukan kerja sama dengan Perhutani, memfasilitasi pelaku usaha dalam kemitraan, serta mengikuti event-event promosi investasi baik secara virtual maupun secara langsung. Semuanya untuk mendorong investasi masuk ke Trenggalek,” sambungnya.

Sekadar informasi, realisasi investasi di Trenggalek dalam rentang 2017 hingga 2019 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Sektor yang mendominasi adalah perdagangan, kelautan, perikanan, dan industri.
Namun, realisasi itu menurun dampak pandemi pada 2020. Yakni dari Rp 450 miliar menjadi Rp 374,3 miliar.

Harapannya, nilai itu bisa kembali meningkat pada tahun kedua lewat program-program yang digaungkan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved