Breaking News:

Berita Trenggalek

DPRD Minta OPD di Trenggalek Percepat Penyerapan Anggaran Pascarefocusing

DPRD Kabupaten Trenggalek meminta tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lebih meningkatkan kinerja setelah refocusing digedok

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Fatkhul Alami
Surabaya.Tribunnews.com/Aflahul Abidin
DPRD saat memanggil beberapa OPD di Kabupaten Trenggalek. Dewan Minta OPD di Trenggalek Percepat Penyerapan Anggaran Pascarefocusing 

SURYA.co.id | TRENGGALEK – DPRD Kabupaten Trenggalek meminta tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lebih meningkatkan kinerja setelah refocusing digedok.

Digedoknya pengalihan sebagian anggaran APBD 2021 untuk penanganan Covid-19 itu dianggap titik awal OPD dapat menggenjot program-program yang anggarannya tak terdampak pengalihan.

Dewan menganggap, percepatan pelaksanaan program-program itu dapat dilihat dari tinggi-rendahnya penyerapan anggaran. Maka dari itu, DPRD meminta agar seluruh OPD mempercepat penyerapan mulai saat ini.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Trenggalek Sukarudin mengatakan, dewan telah memanggil sekitar 10 OPD dalam rentang sepekan terakhir untuk membahas soal penyerapan anggaran pasca refocusing.

Dari hasil pertemuan itu, pihaknya mengetahui bahwa penyerapan anggaran masih sangat rendah. Buktinya, penyerapan anggaran di mayoritas OPD masih jauh dari separuh hingga pertengahan tahun.

Ia mencontohkan beberapa OPD yang penyerapan anggarannya masih terhitung rendah.

“Di Disdikpora masih 7,4 persen, di RSUD dr Soedomo masih 26 persen, Dispertapan masih 20,92 persen, dan Dishub masih 37,68 persen. Juga ada banyak ODP lain yang masih di bawah 20 persen,” kata Sukarudin.

Sukarudin memahami, rendahnya penyerapan sebelum refocusing digedok karena OPD masih berjaga-jaga.
Besarnya anggaran yang harus dialihkan untuk penanganan Covid-19 membuat OPD lebih berhati-hati. Mereka menunda beberapa program karena khawatir perencanaan awal refocusing akan berubah.

Namun dengan telah digedoknya refocusing, kata Sukarudin, tak ada alasan lagi bagi OPD untuk tak mempercepat pelaksanaan program.

Pihaknya menekankan, program-program yang harus dipercepat pelaksanaannya adalah program yang dampaknya langsung dirasakan oleh masyarakat. Contohnya, program pembangunan infrastruktur.

“Seharusnya pekan-pekan ini OPD-OPD bisa menyelesaikan tahap perencanaan. Artinya, pekan depan beberapa perencanaan yang menyangkut infrastruktur itu akan masuk lelang,” sambungnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved