Breaking News:

Berita Bangkalan

Empat Hari, Ada 60 Orang Positif Covid-19 Hasil Penyekatan di Suramadu dan Pelabuhan Kamal

Sejak 7 hingga 10 Juni 2021, tercatat sebanyak 60 orang yang hendak menuju Surabaya dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19.

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Ahmad Faisol
Rapid test antigen terhadap para pengendara dan penumpang kendaaraan bermotor dilakukan di akses Suramadu, Desa Petapan, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, hingga saat ini terus dilakukan sebagai upaya menekan lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi selama dua pekan terakhir 

SURYA.CO.ID, BANGKALAN – Dalam kurun waktu empat hari terakhir, terhitung sejak 7 hingga 10 Juni 2021, Tim Gabungan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangkalan dan Provinsi Jawa Timur, serta TNI/Polri bersinergi melakukan penyekatan di akses Suramadu sisi Madura dan Pelabuhan Kamal.

Selama kurun waktu itu, tercatat sebanyak 60 orang yang hendak menuju Surabaya dinyatakan positif terkonfirmasi. Tambahan angka positif Covid-19 itu diketahui melalui tindakan swab PCR.

Angka kenaikan kasus tersebut dipaparkan Bupati Bangkalan, RK Abdul Latif Amin Imron (Ra Latif) di hadapan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Pendapa Agung Bangkalan dalam kunjungan kerja pada Sabtu (12/6/2021).

“Dari kegiatan penyekatan di akses Suramadu dan Pelabuhan Kamal sejak 7-10 Juni 2021, kami telah melakukan rapid test antigen kepada 4.771 orang. Hasilnya sejumlah 91 reaktif rapid test antigen, dilanjutkan dengan swab PCR dan sebanyak 60 orang di antaranya positif terkonfirmasi,” ungkap Ra Latif.

Tindakan rapid test antigen terhadap 4.771 orang itu dengan rincian, 4.078 orang di antaranya di akses Suramadu di Desa Petapan, Kecamatan Labang dan 693 orang di Pelabuhan Kamal. Adapun dari total 60 orang positif terkonfirmasi itu dengan rinciaan, 49 orang di akses Suramadu dan 11 orang di Pelabuhan Kamal.

Jumlah positif terkonfirmasi dimungkinkan masih bertambah. Mengingat hasil swab PCR terhadap 11 orang yang dinyatakan reaktif rapid test antigen saat penyekatan pada Jumat (11/6/2021) belum diketahui.

“Bapak Panglima TNI dan Bapak Kapolri, kami juga melakukan deteksi dini dengan Mobil PCR di Kecamatan Arosbaya, Klampis, dan Geger. Hasilnya, 173 orang dari 366 orang dinyatakan positif Covid-19,” papar Ra Latif.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri Perintahkan Anggota TNI-Polri Bantu Bupati Bangkalan Optimalkan PPKM Mikro

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sengaja turun langsung ke Bangkalan dalam rangka ingin mendengar dan melihat terkait kasus aktif positif yang terus meningkat, banyaknya orang tanpa gejala (OTG), banyaknya tenaga kesehatan di Kabupaten Bangkalan yang terpapar hingga beberapa di antaranya meninggal dunia.

Kedua pemimpin tertinggi ditubuh TNI dan Polri itu disambut Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Panglima Kodam/V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afianta Karokaro, Forkopimda Bangkalan, serta para ulama dan tokoh masyarakat.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved