Breaking News:

Berita Blitar

Program Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua di Kota Blitar Mulai Sasar Masyarakat Umum

Masyarakat rentan dan masyarakat umum di Kota Blitar menjadi sasaran dalam pelaksanaan vaksinasi tahap satu dan tahap dua.

SURYA.CO.ID/Samsul Hadi
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, Didik Jumianto. 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Program vaksinasi Covid-19 di Kota Blitar mulai menyasar masyarakat rentan dan masyarakat umum.

Masyarakat rentan dan masyarakat umum ini yang tidak masuk kategori tenaga kesehatan, pelayanan publik, dan lansia yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan vaksinasi tahap satu dan tahap dua.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, Didik Jumianto mengatakan pelaksanan vaksin dengan sasaran masyarakat rentan dan masyarakat umum ini untuk mengejar target vaksinasi Covid-19.

Selain itu, pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat rentan dan masyarakat umum juga untuk menghabiskan vaksin Astrazeneca yang masuk masa kadaluarsa pada akhir Juni 2021 ini.

"Mereka yang tidak masuk tenaga kesehatan, pelayanan publik, dan lansia kami ikutkan sebagai masyarakat rentan dan masyarakat umum," kata Didik, Jumat (11/6/2021).

Warga yang masuk kategori masyarakat rentan yang berusia 50-59 tahun. Sedang warga yang masuk kategori masyarakat umum yang berusia 18-49 tahun.

"Sementara, mereka kami data secara manual, tidak secara online di aplikasi," ujarnya.

Dikatakannya, sekarang stok vaksin Astrazeneca di Kota Blitar masih sekitar 5.000 dosis.

Stok vaksin Astrazeneca itu harus segera dihabiskan karena masa kadaluarsanya akhir Juni 2021 ini.

"Karena capaian vaksinasi untuk lansia masih rendah, akhirnya vaksin Astrazeneca dipakai untuk masyarakat rentan dan masyarakat umum," katanya.

Data dari Dinkes Kota Blitar per 10 Juni 2021 menyebutkan jumlah masyarakat rentan yang mendapatkan vaksin dosis pertama sebanyak 177 orang.

Sedang jumlah masyarakat umum yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama sebanyak 610 orang dan mendapatkan dosis kedua sebanyak 86 orang.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved