Breaking News:

Berita Lamongan

Penyebaran Covid-19 di Sidodowo Lamongan Mulai Landai, Jumlah Korban Meninggal 12 Orang

Dari data yang didapat dari Dinkes Lamongan, diketahui ada 12 warga Desa Sidodowo yang meninggal terkait Covid-19.

SURYA.CO.ID/Hanif Mashuri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat berkunjung ke Lamongan, dalam rangka penguatan pelaksanaan vaksinasi dan penerapan Prokes di Alun-alun Lamongan, Kamis (10/6/2021) sore. 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Penyebaran Covid-19 di Desa Sidodowo, Kecamatan Modo, Lamongan, mendapat perhatian dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dua petinggi itu berkunjung ke Lamongan setelah dari Kediri pada Kamis (10/6/2021) kemarin sore. Keduanya memuji upaya Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi dalam penanganan dan melokalisir agar penyebaran Covid-19 tidak lebih meluas.

Sejak mencuat ke permukaan, Satgas Covid-19 Lamongan telah melakukan tracing terhadap 518 warga Desa Sidodowo. Data terbaru, 12 korban meninggal terkait kasus Covid-19.

Kabag Prokopim Pemkab Lamongan, Arif Bachtiar mengungkapkan, dari data yang didapat dari Dinkes Lamongan, diketahui ada 12 warga Desa Sidodowo yang meninggal terkait Covid-19.

Rinciannya, kata Arif, meninggal dengan status positif PCR 3 orang, meninggal dengan status positif rapid Antigen 5 orang dan 4 meninggal lainnya belum diketahui statusnya baik melalui tes PCR maupun rapid Antigen.

"Data ini per 9 Juni, ada penambahan 2 yang pemakamannya dengan menggunakan protokol kesehatan," kata Arif Bachtiar saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (11/6/2021).

Data per 9 Juni 2021, masih kata Arif, sudah sebanyak 518 warga Desa Sidodowo yang sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan tes untuk keperluan tracing dan tracking.

Dari 518 warga ini, 12 warga berstatus positif berdasarkan tes PCR yang menjalani isolasi di rumah sakit, 1 orang menjalani isolasi mandiri di rumah dan 2 orang dinyatakan sembuh.

Untuk yang berstatus positif Covid-19 dari hasil tes PCR total 18 orang. Untuk yang berstatus positif dari hasil rapid Antigen, ada sebanyak 8 warga yang tengah menjalani isolasi rumah sakit, 184 menjalani isolasi mandiri di rumah dan 5 orang sudah dinyatakan sembuh.

"Untuk yang hasil rapid tes Antigen total 202," katanya.

Meski ada penambahan korban meninggal, grafik penyebaran Covid-19 di Desa Sidodowo mulai melandai.

Diungkapkan Arif, sejak Rabu (9/6/2021), grafik di Sidodowo sudah mulai melandai. Relatif terkendali dan tidak seperti hari pertama atau kedua kemarin.

"Sekarang sudah melandai, kalau ada penambahan 1 atau 2," pungkasnya.

Arif berharap, masyarakat tetap mentaati Prokes 3 M seperti yang ditekankan Kapolri dan Panglima TNI saat berkunjung ke Lamongan pada Kamis (10/6/2021).

Penulis: Habibur Rohman
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved