Breaking News:

PTPN XI

Keterbukaan Rendemen PTPN XI Bisa Dicotoh oleh 34 PG di Bawah Holding Perkebunan

Direktur Produksi dan Pengembangan Holding Perkebunan, Mahmudi  mengapresiasi kinerja Pabrik Gula (PG) di bawah PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI.

foto: ptpn xi
Direktur Produksi dan Pengembangan Holding Perkebunan, Mahmudi saat mengunjungi PG Prajekan didampingi Tulus Panduwidjaja Direktur PTPN XI untuk melihat proses giling di musim tahun ini. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Direktur Produksi dan Pengembangan Holding Perkebunan, Mahmudi  mengapresiasi kinerja Pabrik Gula (PG) di bawah PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI. Terutama terkait transparansi perolehan rendeman tebu.

"Nah transparansi perolehan rendeman tebu yang digiling di PG dibawah PTPN XI ini bisa ditiru oleh PG-PG lainnya," kata Mahmudi saat berada di PG Pradjekan dalam rangkaian kunjungan kerja di Jawa Timur, Rabu (9/6/2021) lalu.

Mahmudi menyebutkan, di PG Prajekan PTPN XI, pada tahun  lalu menjadi PG terbaik dari sisi performa pabriknya.

Kunci sukses kemitraan adalah keterbukaan, dan dirinya melihat bersama bagimana perwakilan petani mengikuti rit demi rit, memantau berapa besar rendemen yang diberikan oleh PG Prajekan ini.

"Kalau keterbukaan ini bisa dicopy (dicontoh) keseluruh PG PTPN group saya yakin temen-temen akan bersemangat dan pasti mitra akan puas dengan keterbukaan yang kita lakukan," ungkap Mahmudi.

Perwakilan petani selama ini  turut memantau rendemen yang dihasilkan oleh tebu yang digiling setiap hari dan menginformasikan kepada mitra petani yang lainnya.

"Apa yang kami pantau ini kami sampaikan juga kepada petani lain, raihan rendemen disini tranparan," kata Irfan perwakilan petani yang hadir di PG Pradjekan.

Menurut Tulus Panduwidjaja Direktur PTPN XI yang mendampingi kunjungan tersebut, transparansi rendemen tebu petani yang digiling tidak hanya di PG Pradjekan saja melainkan diseluruh PG PTPN XI.

"Keterbukaan rendemen tebu sudah lama diterapkan diseluruh PG PTPN XI, sehinga stakeholder bisa memantau melalui dashboard Analisa Rendemen Individu atau ARI," ungkap Tulus.

Pihaknya juga memegang kepercayaan yang diberikan oleh mitra dan ini bagian dari core value AKHLAK yang diharapkan Menteri BUMN mendasari aktivitas di PTPN XI.

Giling tahun 2021 PG Pradjekan mentargetkan produksi gula sebesar 341.000 ton naik dari realisasi tahun 2020 yang sebesar 324.000 ton.

Sedangkan target gula produksi sebesar 30ribu ton realisasi 2020 sebesar 26.000 ton dengan target rendemen  8,37 persen. Dan realisasi 2020, rendeman mencapai sebesar 8,11 persen.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved